Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 6 Ponorogo



Choirunnisa, Rizky (2021) Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 6 Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan penting bagi keberadaan manusia karena memperluas
perspektif intelektual dan spiritual. Pendidikan sangat penting tidak hanya untuk
pertumbuhan dan perkembangan fisik atau tubuh manusia, tetapi juga untuk
pertumbuhan dan perkembangan spiritual. Pendidikan harus dimulai sejak usia
muda, karena dapat digunakan sebagai cara hidup sampai seseorang mencapai
usia tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kemampuan menghafal al-Qur’an siswa MI Muhammadiyah 6 Ponorogo
terhadap konsengrasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, dengan jumlah
populasi 96 siswa dan sampel 30 siswa yang menerapkan hafalan Al-Qur’an.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket
dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif
dan Analisis Prasyarat.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan
signifikan anatara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan konsentrasi belajar
siswa kelas IV,V dan VI MI Muhammadiyah 6 Ponorogo. Hal ini dilihat dari
nilai konstanta sebesar 16,987 dan nilai koefisien regresi kemampuan menghafal
sebesar 0,755. Dengan persamaan regresi yaitu Y = 16,987 + 0,755X, diketahui
nilai koefisien determinasi sebesar 34,6% ditentukan oleh kemampuan
menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menghafal, Al-Qur’an, Konsentrasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 17 Aug 2021 13:31
Last Modified: 11 Oct 2021 04:29
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6792

Actions (login required)

View Item View Item