STRATEGI MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR TAHFIZHUL QUR'AN DALAM PRESPEKTIF NEUROSAINS DI GRIYA QUR'AN AL-FURQON PONOROGO
Shaleh, Irsyad (2021) STRATEGI MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR TAHFIZHUL QUR'AN DALAM PRESPEKTIF NEUROSAINS DI GRIYA QUR'AN AL-FURQON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| ![Surat persetujuan unggah karya ilmiah [thumbnail of Surat persetujuan unggah karya ilmiah]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Surat persetujuan unggah karya ilmiah) Surat Persetujuan Unggah karya ilmiah.pdf Download (353kB) | 
| ![Halaman Depan [thumbnail of Halaman Depan]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Halaman Depan) 01 - Halaman Depan.pdf Download (2MB) | 
| ![BAB I [thumbnail of BAB I]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB I) 02 - Bab I.pdf Download (220kB) | 
| ![BAB II [thumbnail of BAB II]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB II) 03 - Bab II.pdf Download (351kB) | 
| ![BAB III [thumbnail of BAB III]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB III) 04 - Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | 
| ![BAB IV [thumbnail of BAB IV]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB IV) 05 - Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | 
| ![BAB V [thumbnail of BAB V]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB V) 06 - Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | 
| ![Daftar Rujukan [thumbnail of Daftar Rujukan]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Daftar Rujukan) 07 - Daftar Rujukan.pdf Download (1MB) | 
| ![Lampiran-lampiran [thumbnail of Lampiran-lampiran]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Lampiran-lampiran) 08 - Lampiran-lampiran.pdf Download (1MB) | 
Abstract
Shaleh, Irsyad, 2021, Strategi Mengatasi Kejenuhan Belajar Tahfizhul Qur’an Dalam Prespektif Neurosains di Griya Qur’an Al-Furqon Ponorogo. Skripsi Program Studi Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Katni, M.Pd, (II) Aldo Redho Syam, M.Pd.I.
Kata Kunci : Strategi, Mengatasi, Kejenuhan, Tahfizhul Qur’an, Neuroseins.
Agama Islam merupakan agama yang syamil, mengatur dan memberikan tatanan kehidupan yang menyeluruh. Kepada setiap manusia, Allah SWT sediakan Al-Qur’an sebagai petunjuk untuk melewati kehidupan di dunia ini dengan benar. Dari bangun hingga tidur kembali yang digunakan menjadi pedoman adalah Al-Qur’an, maka tentu kualitas hidupnya menjadi baik. Dalam mempelajari kitab suci ini terdapat beberapa macam strategi, ada ; tahfizh, tadabbur, tafsir, dan masih banyak lagi bagaimana strategi untuk mempelajarinya dengan baik. 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Pelaksanaan pembelajaran Tahfizhul Qur’an dalam prespektif neurosains di Griya Qur’an Al-Furqon Ponorogo. 2. Strategi mengatasi kejenuhan belajar Tahfizhul Qur’an dalam prespektif neurosains di Griya Qur’an Al-Furqon Ponorogo. 3. Hasil belajar Tahfizhul Qur’an berbasis neurosains di Griya Qur’an Al-Furqon Ponorogo. 
Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data melalui tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan (verification). Serta Teknik keabsahan data menggunakan teknik peningkatan ketekunan, triangulasi, dan member check.  
	Temuan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Pelaksanaan pembelajaran Tahfizhul Qur’an di Griya Qur’an Al-Furqon Ponorogo menerapkan metode WAFA dengan penekanannya pada metode gerakan. 2. Strategi mengatasi kejenuhan belajar Tahfizhul Qur’an dalam prespektif neuosains di Griya Qur’an Al-Furqon Ponorogo terdiri dari 2 strategi yaitu: a. strategi 5 P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penutupan, dan Penilaian) dan b. strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demokrasi, Ulangi, dan Rayakan). 3. Hasil belajar Tahfizhul Qur’an berbasis neurosains di Griya Qur’an Al-Furqon Ponorogo, santri-santri lulus dengan hasil memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan pencapaian hafalan yang melebihi target kurikulum Tahfizhul Qur’an.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Mengatasi, Kejenuhan, Tahfizhul Qur’an, Neuroseins. | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies | 
| Depositing User: | fai , userfai | 
| Date Deposited: | 10 Sep 2021 03:33 | 
| Last Modified: | 04 Nov 2021 03:37 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7735 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      