IMPLEMENTASI METODE SOROGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWI KELAS VIII PONDOK PESANTREN AL IMAN PONOROGO



Mualifatul, Ulfa (2021) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWI KELAS VIII PONDOK PESANTREN AL IMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
bab II.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
bab III.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
bab IV.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
bab V.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of Materi Pola Bilangan] Text (Materi Pola Bilangan)
MPB.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Rencana Perangkat Pembelajaran] Text (Rencana Perangkat Pembelajaran)
rpp.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of Lembar Observasi] Text (Lembar Observasi)
LO.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of Angket Siswa] Text (Angket Siswa)
AS.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah(1).pdf

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAK
Ulfa Mualifatul Khoiriyah. Implementasi Metode Sorogan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswi Kelas VIII Pondok Pesantren Al Iman Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing Dr. Sumaji, M.Pd
Permasalahan penelitian ini adalah ketercapaian materi kurang tuntas dan kemampuan pemahaman konsep siswa kurang baik. Beberapa penyebabnya adalah waktu pembelajaran terbatas dan metode pembelajaran yang diterapkan tidak menjadi solusi. Hal ini mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk belajar di kelas yang berdampak pada rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Hal inilah yang mendorong peneliti melakukan penelitian pada kelas VIII A dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan metode sorogan dengan menggunakan media LKS. Dan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode sorogan yang tepat digunakan pondok pesantren Al Iman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan metode sorogan dalam proses pembelajarannya. Adapun langkah-langkah penerapan metode sorogan yaitu; a) Siswa terbagi atas 4-5 siwsa disetiap kelompok, b) Pembagian LKS sebagai bahan diskusi kelompok sebelum pembelajaran dilaksanakan, c) Menyorogkan hasil diskusi kelompok kepada guru bertujuan untuk evaluasi dari kesalaahan atau kekurangan dalam pemahaaman, d) Pemberian tugas untuk setiap individu, e) Menyorongan tugas individu kepada guru bersama kelompok. Hasil dari penelitian diperoleh jumlah skor dalam dua siklus mengalami peningkatan dan ketercapaian dari indikator keberhasilannya tercapai. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Disimpulkan bahwa penerapan metode sorogan menggunakan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A MTsS Al Iman tahun pelajaran 2021/2022.

Kata-kata kunci: metode sorogan, media LKS, pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: metode sorogan, media LKS, pemahaman konsep matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:05
Last Modified: 05 Oct 2021 04:05
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item