STRATEGI GURU DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO



HOMSATUN, HOMSATUN (2021) STRATEGI GURU DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. STRATEGI GURU DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP] Text (RIWAYAT HIDUP)
Riwayat Hidup.pdf

Download (232kB)

Abstract

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, pola pendidikan di Indonesia
menjadi berubah drastis. Mengikuti kebijakan dari pemerintah bahwa
pembelajaran saat ini hanya bisa dilakukan secara daring ataupun luring saja.
Keadaan ini tentu saja memberikan dampak pada kualitas pembelajaran, siswa dan
guru yang sebelumnya berinteraksi secara langsung dalam ruang kelas sekarang
harus berinteraksi dalam ruang virtual yang terbatas. Kondisi ini
menyebabkan motivasi belajar siswa dapat menurun bahkan mempengaruhi hasil
belajar siswa. Guru dituntut memberikan pengajaran yang baik, menciptakan
suasana yang kondusif untuk belajar dan secara kreatif dan inovatif menggunakan
media belajar yang menarik agar siswa dapat memahami materi
pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui motivasi belajar
siswa di masa pandemic .2) Untuk mengetahui strategi guru dalam menjaga
motivasi belajar siswa di masa pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. 3)
Untuk mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat stategi guru dalam
menjaga motivasi belajar siswa di masa pandemi di SMA Muhammadiyah 1
Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dimasa
pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo mengalami penurunan. Maka dari
itu guru di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo menggunakan beberapa macam
strategi dalam menjaga motivasi belajar siswa yaitu menyampaikan materi dengan
media yang beragam, memberikan tugas yang berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari siswa, dan memberikan reward berupa skor penambahan nilai.
Kemudian, ada beberapa faktor pendukung yang dapat menjaga motivasi belajar
siswa di masa pandemi yakni kesadaran siswa, keterlibatan orang tua, layanan BK
berupa voice note kata-kata motivasi, serta sarana prasarana yang disediakan oleh
sekolah seperti kuota internet. Adapun faktor penghambat yang ditemukan guru
dalam menjaga motivasi belajar siswa adalah berkurangnya minat belajar siswa,
kurangnya dukungan dari orang tua, dan terkendalanya sinyal selama
pembelajaran jarak jauh

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 05 Oct 2021 05:38
Last Modified: 15 Nov 2021 03:21
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8283

Actions (login required)

View Item View Item