ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES GAYA BUSANA KONTROVERSIAL BLACKPINK VERSI IKLAN HUT SHOPEE YANG KE TIGA
Siti Afifah, Atikah (2021) ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES GAYA BUSANA KONTROVERSIAL BLACKPINK VERSI IKLAN HUT SHOPEE YANG KE TIGA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| ![HALAMAN DEPAN.pdf [thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN DEPAN.pdf Download (681kB) | 
| ![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (225kB) | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Download (187kB) | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | 
| ![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | 
| ![LAMPIRAN.pdf [thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Download (314kB) | 
Abstract
Penggemar k-pop di indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Oleh karena itu perusahan belanja online shoope bekerja sama dengan blacpink yaitu salah satu girlband korea selatan untuk menjadi model iklan pada hut shopee yang ke tiga. Blacpink sendiri adalah girlband yang sangat terkenal di korea selatan bahkan di dunia karena blackpink kerap menduduki tangga lagu billboard. Tetapi ada seseorang bernama Maimon herawati mengunggah sebuah petisi yang berisi tentang permintaan kepada KPI untuk menhentikan iklan tersebut, Maimon mengklaim iklan Shopee Blackpink tersebut menyalahi aturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena menurut Maimon herawatai iklan tersebut dinilai seronok dan mengumbar aurat, Maimon meminta ketegasan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menghentikan iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif lebih menitikberatkan pada data-data penelitian yang dihasilkan dari pengamatan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah gaya busana kontroversial blackpink pada iklan HUT shopee yang ke tiga. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah akan menggunakan kerangka analisis semiotika model Roland Barthes yang memfokuskan pada tanda tanda untuk diteliti. Hasil analisis dari penilitian ini adalah pada iklan shopee yang ketiga anggota blacpink menggunakan pakaian yang terlalu pendek dan ini membut sebagian orang kurang nyaman untuk melihat tayangan iklan ini dan ini menjadikan tayangan iklan shopee menuai kecaman dan pembuatan penandatangan petisi untuk di berhentikan dan tidak boleh tayang di televisi lagi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gaya Busana, Kontroversial. | 
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications | 
| Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science | 
| Depositing User: | Library Umpo | 
| Date Deposited: | 02 Dec 2021 02:16 | 
| Last Modified: | 02 Dec 2021 02:16 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8514 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      