PENYESUAIAN DIRI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL



Nurjan, Syarifan PENYESUAIAN DIRI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL. In: PEMBELAJARAN BERKARAKTER BERWAWASAN GLOBAL.

[thumbnail of 1. PENYESUAIAN DIRI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL.pdf] Text
1. PENYESUAIAN DIRI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 1. HASIL TURNITIN -- PENYESUAIAN DIRI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL.pdf] Text
1. HASIL TURNITIN -- PENYESUAIAN DIRI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Peerview Penyesuaian diri.pdf] Text
Peerview Penyesuaian diri.pdf

Download (311kB)
Official URL: http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/art...

Abstract

Boarding school adalah lembaga pendidikan di mana para siswa tidak hanya belajar, tetapi juga bertempat
tinggal dan hidup menyatu di lembaga tersebut. MTs-MA Boarding School Yayasan Assunnah Cirebon
adalah satu dari sekian Boarding School yang telah mendidik siswa-siswanya pada jenjang pendidikan
MTs dengan 4 rombongan belajar dan MA dengan 3 rombongan belajar tiap tahun penerimaan siswa.
Yayasan ini menanamkan pendidikan karakter sejak dini berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitan ini untuk: (1) mengetahui gambaran umum pendidikan
karakter siswa, (2) menganalisis penyesuaian diri siswa dalam pembentukan karakter, (3) menganalisis
kontribusi pendidikan karakter Boarding School pada pendidikan karakter di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field riseach) yang dirancang untuk mengetahui analisis
kelekatan dalam pembentukan karakter siswa di MTs-MA Boarding School Yayasan Assunnah Cirebon,
dengan menggunakkan analisis kualitatif dengan pendekatan yang sifatnya multidisiplin. Informan dalam
penelitian ini adalah dari Yayasan, Pengelola Lembaga yang merupakan penentu kebijakan pendidikan,
Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, dan beberapa siswa yang berkarakter.
Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa (1) Islamic Boarding School Assunnah Menyebarkan dakwah
Islamiyah melalui tashfiyah dan tarbiyah dengan pemahaman salafussholeh, (2) Pendidikan karakter yang
dikembangkan berupa integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran dan asrama, (3) Penyesuian diri
siswa memiliki peranan penting pada pembentukan karakter, (4) kontribusi pendidikan Boarding School
dengan penanaman 6 pendidikan karakter Indonesia dan ciri khas pendidikan karakter, berupa
kemandirian, kedisipilinan, keikhlasan, kesederhanaan, islamic brotherhood, ketundukan dan kepatuhan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, Pendidikan Karakter, Boarding School
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:38
Last Modified: 13 Jul 2022 03:38
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item