Alfian, Novenda IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CERDAS BERBAHASA INDONESIA FONIK (CBI FONIK) DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI TK PELANGI ALAM PONOROGO. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CERDAS BERBAHASA INDONESIA FONIK (CBI FONIK) DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI TK PELANGI ALAM PONOROGO.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (226kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (ARTIKEL ASLI)
ARTIKEL ASLI.pdf Download (755kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text (LOA)
LOA.pdf Download (796kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) Dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di TK Pelangi Alam Ponorogo. Pada penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik untuk pengumpulan data. Observasi digunakan untuk melihat penerapan kemampuan menyimak menggunakan model pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK). Wawancara ditujukan kepada kepala sekolah, guru dan siswa di kelompok A. Kartu prestasi anak berfungsi sebagai dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model miles dan huberman (sugiyono, 2015) Dilakukan dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) ini menggunakan level pra fonik dengan teknik poster cerita tunggal dan teknik dengan lagu. Penerapannya tidak hanya dilakukan di ruang kelas tetapi kebanyakan dilakukan di lingkungan sekolah (Alam). Sebagian besar anak sudah bisa menyimak dengan baik dan bisa menyebutkan kata apa saja yang didengarnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, kemampuan menyimak, CBI Fonik, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 02:45 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:45 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10292 |
Actions (login required)
View Item |