Sekarini, Riski Putri (2022) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN PONDOK PESANTREN BAGI SISWA DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat persetujuan unggah karya.pdf Download (697kB) |
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (794kB) |
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (673kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Riski Putri Sekarini. 2022. Penanaman Karakter Religius Melalui Kegiatan Pondok Pesantren Bagi Siswa Di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Anip Dwi Saputro, M.Pd (II) Dr. Nuraini, M.Pd.I Kata Kunci : Karakter Religius, Kegiatan Pondok Pesantren. Pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi siswa, sehingga menjadi manusia berilmu dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut menjadikan pendidikan memiliki tanggung jawab untuk membentuk karakter siswa, sehingga menjadikan siswa yang berkarakter. Saat ini banyak ditemui permasalahan kompleks terkait moral pada kurangnya pendidikan karakter. Sehingga dibutuhkan pembinaan karakter religius kepada siswa untuk menghadapi permasalahan tersebut. Adanya pembinaan karakter religius akan menjadikan siswa berkembang dan cakap untuk menghadapi dunia modern ini. Hal inilah yang diupayakan SMK PGRI 2 Ponorogo sebagai upaya menanamkan karakter religius siswa untuk bekal kehidupan yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui metode penanaman karakter religius melalui kegiatan pondok pesantren di SMK PGRI 2 Ponorogo (2) untuk mengetahui hasil penanaman karakter religius melalui kegiatan pondok pesantren di SMK PGRI 2 Ponorogo (3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penanaman karakter religius melalui kegiatan pondok pesantren di SMK PGRI 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif atau menggambarkan kata-kata dengan tertulis dari subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMK PGRI 2 Ponorogo, bahwa metode penanaman karakter religius dalam kegiatan pondok pesantren menggunakan metode ceramah, demonstrasi, pembiasaan, serta metode hadiah dan hukuman. Menggunakan metode tersebut hasil yang diperoleh ialah siswa mampu disiplin dalam beribadah, melaksanakan sholat tepat waktu dan tertib, rutin melaksanakan sholat sunah, rajin membaca al-qur’an sehingga mampu meningkatkan ketaqwaan. Siswa disiplin masuk sekolah, disiplin mengikuti pelajaran, dan disiplin dalam mematuhi peraturan. Siswa bersikap dan berperilaku baik, sopan dan menghormati guru dan teman sebaya, dapat membiasakan diri mengucapkan salam, salim, senyum, sapa, santun serta berperilaku jujur, sederhana, dan mandiri. Selanjutnya faktor penghambat yang ditemukan adalah waktu atau jadwal pelaksanaan kegiatan pondok pesantren, kurangnya minat siswa, dan pengaruh dari teman sebaya. Faktor pendukung yang ditemukan ialah bentuk kerjasama yang terus terjalin antara lembaga SMK PGRI 2 Ponorogo dengan Pondok Pesantren Keterampilan Al-Ikhlas Babadan Ponorogo, kerjasama dan kekompakan guru beserta ustad, ustad pondok yang kompeten dibidang agama, dukungan orang tua wali siswa, sarana atau fasilitas pondok yang menumbuhkan perasaan nyaman ketika belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Religius, Kegiatan Pondok Pesantren. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 06:50 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 06:50 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10302 |
Actions (login required)
View Item |