Fakhruddin, Fakhruddin (2011) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN METODE DARING TERHADAP PRESTASI SISWA DI MI MUHAMMADIYAH JENANGAN DAN MI PAS BAITUL QUR’AN GONTOR TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Uanggah Karya Ilmiah Fakhruddin.pdf Download (295kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf Download (490kB) |
|
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Download (845kB) |
|
Text (FULL TEXT TESIS)
9. FULL TEXT PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran dalam jaringan (daring/e-learning) adalah suatu sistem rancangan pembelajaran dimana penerapannya menggunakan jaringan internet dan dilakukan secara tidak langsung antara guru maupun peserta didik, dengan waktu pembelajaran materi pembelajaran yang sama. Sedangkan pembelajaran luar jaringan (luring) adalah suatu sistem pembelajaran yang didalamnya ada beberapa metode seperti kunjungan rumah (home visit) dan shift (bergantian) dengan menggunakan media, materi, lembar kerja anak (LKS), alat peraga, media, modul belajar mandiri, dan bahan ajar cetak yang berada disekitar lokasi lingkungan rumah yang telah dipersiapkan oleh pendidik Selama masa pandemi para siswa melakukan sekolah dengan pembelajaran metode daring. Ini terjadi pula pada siswa yang bersekolah di MI Muhammadiyah Jenangan dan MI PAS Baitul Qur’an selama kurang lebih 2 tahun berturut-turut. Dengan pembelajaran seperti ini banyak dari wali murid maupun murid itu sendiri yang banyak mengeluh karena dirasa pembelajaran kurang efisien dan kurang bisa difahami oleh siswa. MI Muhammadiyyah Jenangan dan MI PAS Baitul Qur’an sama-sama menerapkan sistem pembelajaran daring di masa pandemi ini dan juga karena kedua sekolah ini mempunyai kemiripan pada sistem pembelajaran daringnya. Dengan mencari problematika dari kedua sekolah ini, diharapkan peneliti bisa memberi informasi kepada kedua sekolah ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Pendekatan deskriptif yaitu pendekatan yang harus menggambarkan suatu fenomena atau gejala secara sistematis, faktual dan akurat. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui tiga langkah yaitu reduksi data, display data (penyajian data), dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan banyaknya problematika pembelajaran dengan menggunakan metode daring dari guru, peserta didik maupun wali murid yang juga berpengaruh pada menurunnya prestasi siswa di madrasah.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Daring. Covid 19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 07:55 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 07:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10444 |
Actions (login required)
View Item |