IMPLEMENTASI KEGIATAN MUHADHARAH SEBAGAI UPAYA MELATIH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SANTRI DI SMP ISLAM PONDOK MODERN BADII’USY SYAMSI PUCANGANOM KEBONSARI MADIUN

Putri, Azizah Triana (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN MUHADHARAH SEBAGAI UPAYA MELATIH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SANTRI DI SMP ISLAM PONDOK MODERN BADII’USY SYAMSI PUCANGANOM KEBONSARI MADIUN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Putri, Azizah Triana, 2022, Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Komunikasi Siswa Di SMP Islam Pondok Modern Badii'usy Syamsi Pucanganom Kebonsari Madiun, Skripsi Program S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam. Pembimbing (1) Dr. Happy Susanto, M.A Pembimbing (II) Dr. Muh Tajab, M.A Kata Kunci: Muhadharah, Kemampuan Berkomunikasi. Kemampuan berpidato atau muhadharah adalah kesanggupan seseorang untuk melakukan sebuah tindakan berbicara atau berpidato di depan khalayak atau publik untuk menyampaikan pesan-pesan penting. Hal itu adalah kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sebab, tanpa kemampuan itu, setiap orang tidak akan bisa mengungkapkan segala pendapat dan pemikiran kita untuk mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, Pondok Modern Badii’usy Syamsi Madiun mengadakan ekstrakulikuler muhadharah bagi santri agar mereka bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan dapat berpidato dengan mahir. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan muhadharah, mengetahui hasil kegiatan muhadharah dalam melatih kemampuan berkomunikasi santri, serta untuk mengetahui faktor pendukung untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu data yang didapat dari pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lainnya yang diperoleh melalui wawancara. Dalam hal ini, metode yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara atau percakapan, serta dokumentasi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini meliputi: guru pembimbing, guru pendamping dan siswa. Mereka dijadikan subjek informan karena peneliti menganggap mereka berkompeten untuk memberikan informasi atau data yang berkaitan erat dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kegiatan muhadharah sebagai upaya melatih kemampuan berkomunikasi santri di SMP Islam Pondok Modern Badii’usy Syamsi Pucanganom Kebonsari Madiun menggunakan 3 bahasa diantaranya bahasa arab, bahasa inggris dan bahasa Indonesia dan berjalan dengan menggunakan tata tertib acara dengan adanya MC, Pembacaan Al-Qur’an, Pengambilan inti materi oleh perwakilan santri dari audiens dan adanya hiburan. (2) Kegiatan dapat melatih kemampuan berkomunikasi santri hal ini dapat dilihat dari kemampuan santri berbicara di depan umum yang dilakukan di pondok maupun di tingkat sekolah untuk kelas tinggi, serta (3) Adapun faktor yang menjadi pendukung Implementasi Muhadharah dalam melatih kemampuan berkomunikasi: 1). Berhasilnya Pembelajaran di Pondok. 2). Kemauan Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Muhadharah. 3). Dorongan dari Teman. 4). Sarana Prasarana yang Mendukung. Faktor yang menjadi penghambatnya 1) Kurangnya Motivasi Ekstrinsik. 2). Kurangnya Kemampuan Berbahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Muhadharah, Kemampuan Berkomunikasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:44
Last Modified: 26 Sep 2022 03:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item