PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMPN 1 PUDAK TAHUN AJARAN 2014/2015

ZAKI AMANI, MUHAMAD (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMPN 1 PUDAK TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB III,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Aktivitas belajar, Penalaran Matematis, Think Pair Share, Contextual Teaching And Learning Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan aktivitas belajar siswa SMPN 1 Pudak yang masih rendah. Dari hasil pengamatan langsung di dalam kelas sebagian siswa kurang aktif ketika pelajaran sedang berlangsung. Adapun masalah lainnya sebagian siswa juga menganggap bahwa matematika hanya pelajaran yang menghafal rumus, hal ini mengindikasikan bahwa tingkat penalaran matematis siswa masih rendah. Sehingga, untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa pada penelitian ini akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan peningkatan aktivitas belajar siswa dan kemampuan penalaran matematis di kelas VIII A SMP Negeri 1 Pudak melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dari penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Pudak mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksankan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning, dengan ditambah dengan motivasi, ivembe jawab dan membimbing siswa dalam memahami permasalan yang belum dimengerti. Prosentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 55% pada siklus II meningkat menjadi 85%, berarti sudah memenuhi ivemberivor keberhasilan yang ditetapkan minimal dalam kategori baik dan mengalami peningkatan 10% tiap siklusnya. Rata-rata kemampuan penalaran matematis meningkat dari 63.75 pada siklus I menjadi 80.5 pada siklus II dengan begitu telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal kategori baik dan mengalami peningkatan 5 poin tiap siklusnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 14 Apr 2015 05:52
Last Modified: 23 May 2022 02:10
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item