ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

VARDANA PRAYATNANINGTIAS, VIRA (2015) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pelayanan Pendidikan, Kepuasan Pelanggan, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan nilai sekolah setingkat SMU mengakibatkan peningkatan tuntutan dari masyarakat terhadap kualitas sekolah setingkat SMU. MAN 1 Ponorogo sebagai salah satu lembaga pendidikan yang merupakan sekolah adiwiyata yang bekerja sama dengan ITS Surabaya untuk program penyetaraan D1 lulusan. Ancaman persaingan antar sekolah maupun madrasah di Ponorogo semakin ketat. Hal ini, membuat MAN 1 Ponorogo perlu mempertimbangkan aspek kepuasan siswa terhadap pelayanan pendidikan yang diberikan. Sehingga untuk mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap pelayanan pendidikan MAN 1 Ponorogo, pada penelitian ini akan digunakan dimensidimensi pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan, keluhan dan harapan siswa terhadap pelayanan pendidikan MAN 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa MAN 1 Ponorogo yang berjumlah 280. Sedangkan sampelnya berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentasi kepuasan siswa yaitu responden yang memilih jawaban sangat puas dan puas adalah 85.36% sedangkan prosentasi ketidakpuasan siswa yaitu responden yang memilih jawaban sangat tidak puas dan tidak puas adalah sebesar 14.65%. Nilai rata-rata total skor jawaban 40 responden adalah 3.24 dengan klasifikasi puas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap pelayanan pendidikan MAN 1 Ponorogo berada pada kategori Puas. Namun masih terdapat keluhan-keluhan siswa diantarannya sebagian besar siswa mengeluhkan pelayanan pandidikan pada dimensi tangibles (keberwujudan) yaitu fasilitas internet kurang memadai, koneksi lambat, tidak ada filter untuk media sosial; laboratorium bahasa tidak ada; toilet kurang bersih; tempat parkir terlalu sempit: dan lain sebagainya. Juga ada harapan-harapan siswa untuk perbaikan pelayanan pendidikan MAN 1 Ponorogo diantarannya sebagian besar siswa mengharapkan perbaikan pelayanan pendidikan MAN 1 Ponorogo pada aspek tangibles yaitu siswa berharap Fasilitas memadai, sarpras yang rusak segera diperbaiki serta digunakan menurut fungsinya masingmasing; toilet/kamar mandi/ruang ganti baju ditambah; setiap kelas dipasang LCD; melengkapi alat/media pembelajaran dan berbasis teknologi; menyediakan fasilitas olahraga yang lengkap, kopsis alat olahraga dan GOR dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Apr 2015 02:40
Last Modified: 15 Apr 2015 02:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item