Analisa Variasi Diameter Kawat dan Jumlah Lilitan Groundstrap Terhadap Kuat medan Magnet Pada Kabel Koil dan Performa Mesin Motor Vega ZR

Khanif, Muhammad (2023) Analisa Variasi Diameter Kawat dan Jumlah Lilitan Groundstrap Terhadap Kuat medan Magnet Pada Kabel Koil dan Performa Mesin Motor Vega ZR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH)
surat persetujuan unggah karya.pdf

Download (118kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (932kB)
[img] Text (NASKAH SKRIPSI FULL)
Skripsi Muhammad Khanif 18511280.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sepeda motor selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga digunakan untuk kepentingan performa. Untuk menghasilkan sepeda motor dengan performa yang tinggi banyak cara yang dapat ditempuh, salah satunya yang paling penting adalah dengan melakukan modifikasi atau menambahkan part. Dengan adanya teknologo - teknologi baru tersebut akan semakin mempermudah mekanis sendiri yang terus berkembang. Mengenai pengaruh pemasangan groundstrap dan kabel busi standar terhadap kuat medan magnet dan performa mesin motor vega zr, pengujian ini dilakukan menggunakan alat gaussmeter, dynotest, dan gas analyzer. Pengaruh kabel busi standar dan kabel busi dengan groundstrap diameter kawat 0.8 mm, 1 mm, 1,2 mm. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai gauss terendah pada kabel busi dengan groundstrap 1,2 mm 260 lilitan yaitu 4,48 gauss debandingkan dengan kabel busi standar tanpa groundstrap 20,99 gauss. Torsi maksimum ditunjukan pada kabel busi 1,2 mm 260 lilitan 8,63 Nm, daya maksimum pada kabel busi 1,2 mm 260 lilitan 7,26 HP. Emisi gas buang terbaik pada kabel busi dengan groundstrap 1,2 mm 260 lilitan yaitu CO 7,98%, CO2 5,53 %, dan O2 3,94 %. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kabel busi dengan groundstrap 1,2 mm 260 lilitan adalah kabel busi terbaik untuk performa motor vega zr.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: groundstrap, kabel busi, Perfroma Mesin, Emisi Gas Buang
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:38
Last Modified: 24 Feb 2023 05:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10906

Actions (login required)

View Item View Item