ONLINE IMPULSE BUYING; FACTORS EFFECT OF IMPULSIVE SYSTEM STIMULI AND ORGANISM

Maryunitasari, Siska (2023) ONLINE IMPULSE BUYING; FACTORS EFFECT OF IMPULSIVE SYSTEM STIMULI AND ORGANISM. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan.pdf

Download (169kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (694kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL DRAFT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengguna social commerce menunjukkan perilaku berbelanja secara impulsif yaitu berbelanja tidak sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian, berdampak pada lonjakan pengeluaran dan penyesalan karna terlalu banyak membeli barang. Selain itu, perilaku tersebut kerap kali menimbulkan sifat hedonism di masyarakat yang tentu akan berdampak buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying behavior di platform social commerce yang disebabkan karna review quality, source credibility, dan observational lierning yang dimediasi oleh positive effect. Populasi penelitian ini adalah konsumen di platform social commerce. Dengan jumlah sampel sebanyak 318 responden yang diperoleh dari tabel Isaac. Metode penelitian ini adalah path analysis dengan alat analisis menggunakan software statistik AMOS 24. Penelitian ini menemukan bahwa review quality, source credibility tidak memiliki pengaruh terhadap positive effect, namun observational lierning memiliki pengaruh signifikan terhadap positive effect. Hasil riset ini juga menemukan bahwa review quality, source credibility dan positive effect berpengaruh terhadap impulse buying behavior, namun observational lierning tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap impulse buying behavior. Selanjutnya, positive effect dapat menjadi mediator hubungan antara observational lierning dan impulse buying behavior, namun tidak bisa menjadi mediator antara review quality, source credibility terhadap impulse buying behavior. Pemasar untuk meningkatkan perilaku pembelian impulsif harus menciptakan efek positif pada konsumen dan juga harus memperhatikan review quality, source credibility dan observational lierning sebab ketiga hal tersebut dapat meningkatkan perilaku pembelian impulsif. Sehingga harus menjadi perhatian penuh bagi perusahaan. Hasil penelitian ini memiliki keterbaruan yang dapat digunakan untuk memperluas penelitian teoritis. Riset dengan model penelitian yang baru ini juga mengungkap pemahaman interaksi sosial mampu memotivasi perilaku pembelian impulsif. Sementara itu, dalam penelitian ini juga membahas efek dari variabel mediasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Quality Review, Source Credibility, Observational Learning, Positive Effect, Impulse Buying Behavior
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:34
Last Modified: 13 Mar 2023 03:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11152

Actions (login required)

View Item View Item