ANALISIS PENGGUNAAN SPOILER TERHADAP AERODINAMIKA PADA MOBIL TIPE LCGC MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

BAHRUDIN, ANWAR (2023) ANALISIS PENGGUNAAN SPOILER TERHADAP AERODINAMIKA PADA MOBIL TIPE LCGC MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (nama (file) surat persetujuan unggah karya ilmiah)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (61kB)
[img] Text (nama (file) halaman depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (494kB)
[img] Text (nama (file) bab i)
3. BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text (nama (file) bab ii)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (nama (file) bab iii)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text (nama (file) bab iv)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (nama (file) bab v)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text (nama (file) daftar pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (nama (file) lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (596kB)
[img] Text (nama (file) skripsi full text)
10. Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kendaraan yang bergerak melewati aliran fluida akan mengalami gaya aerodinamika yang dipengaruhi oleh bentuk bodi, penambahan variasi dan frontal area yang berinteraksi langsung dengan aliran fluida. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis geometri bentuk spoiler mobil tipe LCGC dengan memvariasikan bentuk permodelan spoiler sehingga karakteristik aerodinamika dapat terlihat. Metode Analisis Aerodinamika yang digunakan adalah metode numerik menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamic (CFD) Ansys Workbench 2022 R2 Student Version. Dari penelitian ini didapatkan hasil yang mnunjukan bahwa dari permodelan spoiler C terjadi peningkatan downforce sebesar -514,4659N dibandingkan dengan spoiler A dan B, pada permodelan spoiler A mengalami penurunan downforce sebesar -143,3557N sedangkan pada spoiler B mengalami peningkatan downforce sebesar -328,5795N. Perbedaan nilai downforce ini dipengaruhi oleh luas frontal area dan sudut kemiringan spoiler.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Aerodinamika, Downforce, Spoiler, Ansys Workbench 2022 R2 Student Version
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:07
Last Modified: 17 Mar 2023 08:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item