MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUSDI ERA PANDEMI COVID-19 DI SDMT PONOROGO

Abidin, Jainal (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUSDI ERA PANDEMI COVID-19 DI SDMT PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (surat persetujuan unggah karya ilmiah)
s persetujuan.pdf

Download (164kB)
[img] Text (halaman depan)
cover tesis 21 new.pdf

Download (804kB)
[img] Text (bab 1)
bab 1 tesis jainal.pdf

Download (280kB)
[img] Text (bab 2)
bab 2 tesis jainal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (bab 3)
bab 3 tesis jainal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (bab 4)
bab 4 tesis jainal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (bab 5)
bab 5 tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text (lampiran)
lampiran tesis jainal.pdf

Download (2MB)
[img] Text (tesis full teks)
tesis full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitastif, karena objek kajian penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, peneliti berusaha mendeskripsikan gambaran tentang manajemen pendidikan karakter religius di era pandemi Covid-19 di SDMT Ponorogo, yang meliputi: manajemen pengorganisasian, manajemen pengorganisasian, manajemen pelaksanaan, manajemen pengawasan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan mananajemen pendidikan karakter religius di era pandemi Covid -19 di SDMT Ponorogo. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter religius di era pandemi Covid-19 di SDMT Ponorogo, dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan manajemen pendidikan karakter Religius di era pandemi Covid-19 di SDMT Ponorogo. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam peneilitian ini adalah metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Peneliti berusaha mengumpulkan data, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, kemudian menyimpulkan/ verifikasi/ data. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) manajemen perencanaan pendidikan karakter religius di era pandemi Covid-19 di SDMT Ponorogo dilaksanakan dengan menentukan tujuan dan target pendidikan karakter religius, menyusun jenis muatan, program, kegiatan dan kebijakan, selanjutnya dengan membuat program kegiatan, serta dengan menyiapkan perangkat untuk pelaksanaan kegiatan. (2) Manajemen pengorganisasian pendidikan karakter religius di era pandemi Covid-19 di SDMT Ponorogo dilaksanakan dengan pembagian tugas dan tanggung jawab, penyusunan jadwal kegiatan, dan pembinaan unit-unit yang bersangkutan. (3) manajemen pelaksanaan pendidikan karakter religius di era Covid-19 di SDMT Ponorogo dilakukan dengan penguatan karakter religius melaluip pembelajaran daring, penguatan karakter religius dengan pembelajaran luring, penguatan karakter religius dengan pembelajaran tatap muka terbatas, dan penguatan karakter religius melalui pembelajaran tatap muka normal. (4) Manajemen pengawasan pendidikan karakter religius di era Covid-19 di SDMT Ponorogo meliputi : pengawasan pendahuluan atau umpan maju (feed forward control), pengawasan berjalan (concurrent), pengawasan umpan balik (feedback control). Selanjutnya peneliti memaparkan sejumlah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius di era pandemic Covid-19 di SDMT Ponorogo.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter Religius, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:09
Last Modified: 21 Mar 2023 06:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11426

Actions (login required)

View Item View Item