ARI ANDRIYAN KUSUMA WAHYUDI (2023) PERAN PEMERINTAH DESA SANGEN DALAM MENYOSIALISASIKAN LAYANAN ONLINE DISDUKCAPIL KABUPATEN MADIUN KEPADA MASYARAKAT. 000456755.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (484kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
Text (Deskripsi)
DESKRIPSI.pdf Download (3MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text (HKI Full Text)
HKI FULL TEXT.pdf Download (4MB) |
|
Text (Lampiran Poster Produk HKI)
LAMPIRAN POSTER PRODUK HKI.pdf Download (49kB) |
|
Text (Lampiran SK HKI)
LAMPIRAN SK HKI.pdf Download (2MB) |
Abstract
PERAN PEMERINTAH DESA SANGEN DALAM MENYOSIALISASIKAN LAYANAN ONLINE DISDUKCAPIL KABUPATEN MADIUN KEPADA MASYARAKAT Ari Andriyan Kusuma Wahyudi Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Ponorogo Abstrak Tugas akhir ini berjudul Peran Pemerintah Desa Sangen Dalam Menyosialisasikan Layanan Online Disdukcapil Kabupaten Madiun Kepada Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis peran Pemerintah Desa Sangen dalam menyosialisasikan layanan online Disdukcapil Kabupaten Madiun kepada masyarakat dan menganalisis hambatan yang dihadapi Pemerintah Desa Sangen dalam menyosialisasikan layanan online Disdukcapil Kabupaten Madiun kepada masyarakat. Penelitian ini memakai pendekatan penelitian secara kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan juga observasi dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah Petugas Registrasi Desa (PRD) Pemerintah Desa Sangen Kecamatan Geger Kabupaten Madiun yaitu Bapak Frayndig Putra Sahaya. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan Pemerintah Desa Sangen berperan melaksanakan serangkaian kegiatan untuk menyosialisasikan informasi kepada masyarakat desanya tentang penggunaan layanan online Disdukcapil Kabupaten Madiun yang bisa di akses sendiri oleh masyarakatnya yang ingin mengurus dokumen kependudukan miliknya. Pemerintah Desa Sangen dalam pelaksanaannya mengalami beberapa hambatan. Pertama terdapat pada komunikasi antar pihak terkait layanan online. Kedua, tidak semua masyarakat memiliki Smartphone dan bisa menggunakan IT dalam pengajuannya. Ketiga, pemrosesan dokumen dalam layanan online dikerjakan oleh masing-masing bidang berdasarkan nomor whatsapp dan jenis layanan yang dimohon, sehingga apabila salah satu jenis layanan tersebut banyak pemohonnya, bisa menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam penyelesaian dokumen. Kata Kunci : Administrasi, Kependudukan, Disdukcapil
Item Type: | Patent |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Administrasi, Kependudukan, Disdukcapil |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science |
Depositing User: | fisip . userfisip |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 06:01 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:01 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11522 |
Actions (login required)
View Item |