ENDRI, ENDRI (2015) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ANAK TUNANETRA (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU AISYIYAH PONOROGO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
ENDRI. Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Anak Tunanetra (Studi Kasus Di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2014. Kata kunci, pembelajaran Al-Qur’an anak tunanetra Di zaman modern sekarang ini masih banyak sekali problem-problem untuk mempelajari, memahami, mengafal dan mengamalkan isi kandungan AlQur’an bagi orang yang awas maupun yang tunanetra, akan tetapi problemproblem bagi orang awas tersebut bisa di atasi dengan metode-metode yang berkembang di zaman modern saat ini. sehingga banyak sekali yang berhasil mempelajari, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dengan menggunakan metode-metode tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah problematika pembelajaran Al-Qur’an anak Tunanetra di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo, apa solusi problematika pembelajaran Al-Qur’an anak Tunanetra di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo, bagaimana model pembelajaran AlQur’an untuk anak Tunanetra Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sumber utama penelitian ini adalah para ustadz dan ustadzah sebagai pengajar Al-Qur’an di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo. Proses penyajian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yakni memaparkan berbagai kondisi obyektif yang ditemukan dilapangan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Anak Tunanetra di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah lakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Model Pembelajaran Al-Qur’an di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo yaitu Model memperkenalkan huruf braille. Model memperkenalkan tanda-tanda baca dan model pengulangan. 2. Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Anak Tunanetra di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo. adalah kurangnya sarana prasarana, watak, jumlah peserta didik, Akhlak Anak, Sumber Daya Manusia Anak. 3. Solusi untuk mengatasi Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Anak Tunanetra di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo peneliti menambahkan solusi sebagai berikut: Melengkapi sarana prasarana, membagi waktu, motivasi, memanfaatkan kemampuan anak, memberikan tugas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 18 Apr 2015 03:15 |
Last Modified: | 18 Apr 2015 03:15 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1156 |
Actions (login required)
View Item |