Vitakasari, Riris (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DENGAN PERMAINAN TEKATEKI PADA TEMA 8 BAGI SISWA KELAS 2 SDN TOSANAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (270kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (302kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan dan kecerdasan agar dapat mencapai informasi dimasa depan. Pada proses pelaksanaan pendidikan, tentu terdapat banyak permasalahan yang dihadapi oleh guru atau siswa itu sendiri, salah satunya adalah kurangnya kemampuan siswa kelas rendah dalam kegiatan membaca permulaan di kelas 2 SDN Tosanan Ponorogo. Permasalahan ini, disebabkan oleh kegiata pembelajaran di kelas yang monoton dan tanpa menggunakan media yang menarik, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran terutama saat membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perencanaan penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Tosanan Ponorogo, (2) mengetahui pelaksanaan penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Tosanan Ponorogo, (3) mengetahui hasil dari penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas 2 SDN Tosanan Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tiga siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan dan mencakup tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian penggunaan media pembelajaran flash card dengan permainan teka-teki ini yaitu (1) perencanaan penggunaan media pembelajaran flash card diawali dengan mengamati kegiatan di kelas, teknik pembelajaran yang digunakan, dan karakter siswa yang akan dijadikan acuanpembuatan RPP, (2) pelaksanaan penggunaan media pembelajaran flash card diawali dengan pre-test, siklus I,siklus II, dan siklus III dengan masing-masing dua kali tatap muka dengan hasil yang meningkat pada setiap pelaksanaan tindakan, (3) hasil dari penggunaan media pembelajaran flash card pada kegiatan pratindakan prosentasenya sebesar 52,17% dengan rata-rata kelas 50,43, siklus I prosentasenya sebesar 62,5% dengan rata-rata kelas 60,5, siklus II prosesntasenya sebesar 62,5% dengan rata-rata kelas 78,09, dan siklus III prosentasenya sebesar 91,70% dengan rata-rata kelas 93,10.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Media Pembelajaran Flash Card, Game Teka-Teki |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 03:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 03:38 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11831 |
Actions (login required)
View Item |