PERAN MUSYRIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERBAHASA ARAB KELASA SATU KULLIYYATUL MUALLIMIN AL-ISLAMIYAH SLAHUNG PONOROGO

Tamimi, Muhammad Lalu (2023) PERAN MUSYRIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERBAHASA ARAB KELASA SATU KULLIYYATUL MUALLIMIN AL-ISLAMIYAH SLAHUNG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (208kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pedidikan merupakan sebuah sistem yang bertujuan agar peserta didik mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan senyaman mungkin yang akan menghasilkan perubahan dalam diri siswa. Bahasa Arab sering kali menemui hambatan bahwa pembelajaran bahasa arab terlalu sulit dipahami bagi siswa kelas satu. Dalam hal ini Guru bahasa arab memiliki peran sebagai motivator atau pendukung dalam menumbuhkan minat berbahasa arab kelas satu. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui peran peran guru dalam menumbuhkan minat berbahasa kelas satu KMI Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) untuk memaparkan peran guru dalam menumbuhkan minat berbhasa arab kelas satu 2) Menumbuhkan minat berbahasa arab kelas satu 3) untuk mengetahui pentingnya belajar bahasa arab agar mudah memahami makna ayang suci Al-Qu’an Hadist 4) untuk menganalisa faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat Bagaimana proses belajar bahasa arab kelas satu Metode dalam penelitian ini yaitu Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara yang dilakukan kepada 3 narasumber, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat berbahasa arab kelas satu KMI Pondok Modern Arrisalah memiliki daya tarik yang kuat karena adanya dukungan dari guru pembimbing bahasa arab sehingga siswa merasa terdukung dalam setiap pembelajaran bahasa arab dengan adanya metode guru pembimbing bahasa yang unik dan seru dalam proses belajar bahasa arab, seperti penyampaian kosa kata yang seru dan banyaknyaknya mata lomba yang di adakan sehingga adanya minat siswa untuk bisa berbahasa arab. Faktor pendukung seperti guru yang selalu mengawasi siswa dalam setiap belajar, dan berbas untuk bertanya meskipun ketemu dijalan, adanya kosa kata yang terpasang disetiap sudut tempat yang sering dikunjungi dan adanya berbagai mata lomba berbahasa arab. Faktor penghambat adalah diri siswa yang jauh dari keluarga dan menganggap bahasa arab itu bahasa arab yang sulit dipahami dari bahasa, huruf atau kalimat bahasa arab dan lingkungan siswa yang berasa dari satu daerah sehingga siswa nggan menggunakan bahasa arab karena lebih suka menggunakan bahasa daerah sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Minat berbahasa arab, Aktualisasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:59
Last Modified: 14 Aug 2023 07:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item