IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TALAQQI BIL ISYARAH DALAM MENINGKATKAN MUTU HAFALAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO

Ahsani, Nur Fachma (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TALAQQI BIL ISYARAH DALAM MENINGKATKAN MUTU HAFALAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (517kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (637kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mengajarkan Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus dan yang belum bisa membaca Al-Qur’an adalah dengan pembiasaan mendengarkan, memperagakan menirukan bacaan, memperagakan maksud bacaan, dan menghafalkannya. Metode ini lazim disebut metode Talaqqi bil Isyarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat alasan metode talaqqi bil isyarah digunakan untuk siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatak kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi di objek penelitian yaitu SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Analisis data menggunakan konsep miles dan Hubermen yaitu deskripsi data, triangulasi, dan penulisan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1.) Alasan Mengapa SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo menggunakan metode talaqqi bil isyarah karena siswa di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo tidak hanya siswa seperti pada umumnya, melainkan juga terdapat siswa yang memiliki keterbelakangan mental ataau siswa berkebutuhan khusus (ABK). Dan dengan demikian metode talaqqi bil isyarah ini sangat cocok digunakan oleh siswa berkebutuhan khusus karena anak berkebutuhan khusus akan lebih cepat menghafal dengan cara melihat gerakan dan mendengarkan suara. 2.) Hasil pembelajaran tahfidzul qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo dengan menggunakan metode talaqqi bil isyarah menunjukkan hasil yang efektif untuk diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan target hafalan yang meningkat di setiap bulannya, selain itu juga prestasi siswa yang menunjukkan peningkatan di bidang perlombaan, dan juga sikap percaya diri untuk tampil di depan umum semakin baik. 3.) Faktor pendukung keberhasilan dari metode talaqqi bil isyarah dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo adalah dari potensi guru yang sanggup mengajar dengan penuh ketelatenan dan kesabaran. Dan faktor penghambat keberhasilan metode talaqqi bil Isyarah adalah seperti siswa berkebutuhan khusus mengalami tantrum atau ketidak stabil nya emosi siswa akibat dari mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan emosi siswa menjadi tidak bisa terkontrol seperti makanan yang terlalu banyak mengandung glukosa dan MSG.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Talaqqi bil Isyarah, Mutu Hafalan, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Menengah Pertama, Muhammadiyah 2 Ponorogo
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:25
Last Modified: 22 Aug 2023 07:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item