Ahsani, Nur Fachma (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TALAQQI BIL ISYARAH DALAM MENINGKATKAN MUTU HAFALAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (517kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (637kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Mengajarkan Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus dan yang belum bisa membaca Al-Qur’an adalah dengan pembiasaan mendengarkan, memperagakan menirukan bacaan, memperagakan maksud bacaan, dan menghafalkannya. Metode ini lazim disebut metode Talaqqi bil Isyarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat alasan metode talaqqi bil isyarah digunakan untuk siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatak kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi di objek penelitian yaitu SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Analisis data menggunakan konsep miles dan Hubermen yaitu deskripsi data, triangulasi, dan penulisan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1.) Alasan Mengapa SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo menggunakan metode talaqqi bil isyarah karena siswa di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo tidak hanya siswa seperti pada umumnya, melainkan juga terdapat siswa yang memiliki keterbelakangan mental ataau siswa berkebutuhan khusus (ABK). Dan dengan demikian metode talaqqi bil isyarah ini sangat cocok digunakan oleh siswa berkebutuhan khusus karena anak berkebutuhan khusus akan lebih cepat menghafal dengan cara melihat gerakan dan mendengarkan suara. 2.) Hasil pembelajaran tahfidzul qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo dengan menggunakan metode talaqqi bil isyarah menunjukkan hasil yang efektif untuk diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan target hafalan yang meningkat di setiap bulannya, selain itu juga prestasi siswa yang menunjukkan peningkatan di bidang perlombaan, dan juga sikap percaya diri untuk tampil di depan umum semakin baik. 3.) Faktor pendukung keberhasilan dari metode talaqqi bil isyarah dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo adalah dari potensi guru yang sanggup mengajar dengan penuh ketelatenan dan kesabaran. Dan faktor penghambat keberhasilan metode talaqqi bil Isyarah adalah seperti siswa berkebutuhan khusus mengalami tantrum atau ketidak stabil nya emosi siswa akibat dari mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan emosi siswa menjadi tidak bisa terkontrol seperti makanan yang terlalu banyak mengandung glukosa dan MSG.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Talaqqi bil Isyarah, Mutu Hafalan, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Menengah Pertama, Muhammadiyah 2 Ponorogo |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 07:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 07:25 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12015 |
Actions (login required)
View Item |