Amalia, Renti (2023) MODEL IMPLEMENTASI METODE WAFA OTAK KANAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH QUROTA A’YUN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (245kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (484kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dalam proses penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan metode wafa yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo terkait dengan langkah-langkah, perencanaan, dan pelaksanaan. faktor evaluasi dan penyebab terhambatnya proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar metode wafa. Berdasarkan konteks penelitian tersebut maka peneliti mengambil penelitian tentang “Model Implementasi Metode Wafa Otak Kanan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo”. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan al-qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo. (2) Untuk mengetahui hasil model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan al-qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan al-qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. (2) Hasil model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo yaitu dengan adanya metode wafa tersebut dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo, hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo dalam lomba tahfidz Qur’an. (3) Faktor pendukung dan penghambat model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo adalah sebagai berikut: a) Faktor pendukung adalah alat peraga wafa, buku jilid wafa, buku ghorib, dan dukungan dari orang tua. b) Faktor penghambat adalah gerakan dalam menghafal Al-Qur’an khususnya memakai metode wafa dan kelas rame saat setoran sedang berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode wafa, kemampuan menghafal, pembelajaran Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 03:35 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 03:35 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12023 |
Actions (login required)
View Item |