MODEL IMPLEMENTASI METODE WAFA OTAK KANAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH QUROTA A’YUN PONOROGO

Amalia, Renti (2023) MODEL IMPLEMENTASI METODE WAFA OTAK KANAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH QUROTA A’YUN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (245kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan metode wafa yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo terkait dengan langkah-langkah, perencanaan, dan pelaksanaan. faktor evaluasi dan penyebab terhambatnya proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar metode wafa. Berdasarkan konteks penelitian tersebut maka peneliti mengambil penelitian tentang “Model Implementasi Metode Wafa Otak Kanan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo”. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan al-qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo. (2) Untuk mengetahui hasil model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan al-qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan al-qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. (2) Hasil model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo yaitu dengan adanya metode wafa tersebut dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo, hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo dalam lomba tahfidz Qur’an. (3) Faktor pendukung dan penghambat model implementasi metode wafa otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Qurota A’yun Ponorogo adalah sebagai berikut: a) Faktor pendukung adalah alat peraga wafa, buku jilid wafa, buku ghorib, dan dukungan dari orang tua. b) Faktor penghambat adalah gerakan dalam menghafal Al-Qur’an khususnya memakai metode wafa dan kelas rame saat setoran sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode wafa, kemampuan menghafal, pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:35
Last Modified: 23 Aug 2023 03:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item View Item