PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI APARATUR DESA, KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA DI KECAMATAN JAMBON)

Lutfiana, Imroatul (2023) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI APARATUR DESA, KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA DI KECAMATAN JAMBON). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB I)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal, kompetensi aparatur desa, dan komitmen organisasi terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa. Alokasi dana desa yang diberikan pemerintah untuk desa yang cukup besar dan terus mengalami kenaikan, sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana tata kelola yang baik (good govermance) agar tidak terjadi penyelewengan dalam pengelolaan dana desa. Penyelewengan dana desa sering terjadi karena lemahnya kapasitas aparatur desa sehingga muncul keserakahan, kesempatan terhadap manajemen keuangan dan anggaran yang menjadi kemungkinan terjadi penyelewengan. Berdasarkan data Indonesia Corruption Watch (ICW) mengungkapkan bahwa kasus korupsi terbanyak terjadi di sektor anggaran dana desa pada 2021. Populasi pada penelitian ini adalah perangkat desa yang ikut serta dalam pengelolaan keuangan desa serta BPD di seluruh Desa se-Kecamatan Jambon. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 104 responden. Pengambilan data menggunakan data primer dengan kuesioner yang disebar di 13 Desa di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26. Tahapan pengujian dalam penelitian ini meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa, 2) kompetensi aparatur desa berpengaruh positif signifikan terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa, 3) komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa, 4) sistem pengendalian internal, kompetensi apararatur desa, komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa. Kata Kunci: Sistem pengendalian internal, kompetensi aparatur desa, komitmen organisasi, pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sistem pengendalian internal, kompetensi aparatur desa, komitmen organisasi, pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:31
Last Modified: 30 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12148

Actions (login required)

View Item View Item