STUDI KORELASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN JIGSAW DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

RAHAYU, PURI (2015) STUDI KORELASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN JIGSAW DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru di SMK Negeri 1 Ponorogo, bahwa pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 kelas X menggunakan kurikulum 2013. Salah satu implementasi dari kurikulum 2013 ialah inovasi pembelajaran dengan metode-metode baru yang mendukung kreatifitas siswa khususnya untuk pelajaran matematika melalui metode inkuiri terbimbing dan jigsaw. Oleh karena itu, dengan metode yang diterapkan dalam pembelajaran diharapkan bisa memberikan prestasi belajar yang lebih baik. Namun, selain metode pembelajaran yang digunakan, penting diperhatikan bahwa faktor dalam diri individu siswa juga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Selain kecerdasan intelektual yang dimiliki siswa ada faktor lain yang mendukung keberhasilan siswa yaitu kecerdasan emosional. Sehingga, perlu diadakan penelitian mengenai penggunaan metode pembelajaran dengan inkuiri terbimbing dan jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar manakah yang lebih baik antara metode inkuiri terbimbing dan jigsaw dan melihat ada atau tidaknya korelasi antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasinya siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Ponorogo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel acak. Kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen 1 mendapat perlakuan dengan metode inkuiri terbimbing sedangkan kelas X MM 2 sebagai kelas eksperimen 2 mendapat perlakuan dengan metode jigsaw. Pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi belajar untuk materi geometri, angket kecerdasan emosional, serta dokumentasi yang diambil dari nilai ulangan sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan uji t dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 01:07
Last Modified: 30 Oct 2015 01:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item