IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VIIC SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG TAHUN AJARAN 2015/2016

ERLYN PRIMA AGUSTIN, LINDA (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VIIC SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Keaktifan, prestasi, Problem Based Learning Permasalahan yang dihadapi di kelas VIIC SMP Negeri 1 Balong dilatar belakangi oleh siswa hanya diam saat ada materi yang belum dipahami, beberapa siswa juga terlihat bicara sendiri, asyik dengan kegiatannya sendiri, siswa masih kurang aktif dalam mengerjakan soal yang diberikan dan prestasi belajar matematika siswa masih rendah, dengan nilai rata-rata yaitu ≤ 75 (KKB). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Kec. Balong. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar matamatika siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Kec. Balong pada materi bilangan bulat.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari dua pertemuan disetiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Kecamatan Balong yang berjumlah 21 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi keaktifan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa, hal ini ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 53,45% sedangkan pada siklus II menjadi 70,04%. (2) Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan ditunjukkan oleh ketuntasan siswa dalam pembelajaran pada siklus 1 mencapai 38,09% menjadi 80,95% pada siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 42,86%. Rata-rata yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 50,14 dan pada siklus 2 menjadi 77,85. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa matematika kelas VIIC SMP Negeri 1 Balong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 02:21
Last Modified: 30 Oct 2015 02:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item