SUSILO, MUH PRIO (2023) PENGARUH PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (57kB) |
|
Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf Download (287kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text (BAB III)
5, BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) |
|
Text (Lampiran)
9. Lampiran - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
10. Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh program tahfidz Al-Qur'an terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik di MI Muhammadiyah 2 Ponorogo. Masalah yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah penurunan prestasi belajar peserta didik. Prestasi yang diteliti meliputi tiga aspek yaitu prestasi pada ranah kognitif, prestasi belajar pada ranah afektif dan prestasi belajar pada ranah pesikomotorik. Oleh karena itu, peneliti merumuskan pertanyaan penelitian yang menanyakan apakah adanya program tahfidz Al-Qur'an dapat meningkatkan prestasi belajar tiga ranah tersebut pada peserta didik di MI Muhammadiyah 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa MI Muhammadiyah 2 Ponorogo yang terlibat dalam program tahfidz Al-Qur'an. Menggunakan metode otak kanan yang merupkan metode yang efektif ,terkini, dikemas mudah dan menyenangkan serta data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik untuk melihat hubungan antara program tahfidz Al-Qur'an dan prestasi belajar peserta didik. Adakah pengaruh yang siginifikan prestasi belajar siswa setelah adanya program tahfidzul Al-Qur’an. Hasil penelitian ini adalah adanya Program Tahfidzul Qur'an memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik di MI Muhammadiyah 2 Ponorogo. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Program Tahfidzul Qur'an (X) dan peningkatan prestasi belajar peserta didik (Y). Pertama, melalui uji T, ditemukan bahwa nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari 0,05 dan nilai T hitung (5,281) lebih besar dari T tabel (1,697). Hal ini menunjukkan penolakan terhadap hipotesis nol (H0) dan penerimaan hipotesis alternatif (Ha), yang menyiratkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Program Tahfidzul Qur'an (X) dan peningkatan prestasi belajar peserta didik (Y). Kedua, melalui uji F, didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari 0,05 dan nilai F hitung (27,887) lebih besar dari F tabel (4,20). Hal ini mengindikasikan bahwa Program Tahfidzul Qur'an (X) memiliki pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik (Y), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ketiga, hasil uji koefisien determinasi (R squared) menunjukkan nilai sebesar 0,499, yang berarti 49,9% dari peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat dijelaskan oleh adanya Program Tahfidzul Qur'an. Dengan kata lain, program ini memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik sebesar 49,9%.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidzul Qur’an, Prestasi belajar, Siswa MI/SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 08:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 08:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12229 |
Actions (login required)
View Item |