IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN PEMECAHAN MASALAH POLYA

NURHIDAYAH, NURHIDAYAH (2015) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN PEMECAHAN MASALAH POLYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangiberdasarkan hasil analisis daya serap Ujian Nasional tahun 2013/2014 , yang menunjukkan bahwa kompetensi siswa pada materi SPLDV masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh dari Puspendik Balitbang Kemdikbud tahun 2014 yang didapatkan bahwa 59,22 % siswa melakukan kesalahan pada materi sistem persamaan liniar dua variabel. Selain itu berdasarkan hasil observasi peneliti di SMP Negeri 2 Ponorogo masih ditemukan siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah pada materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan serta faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyeleaikan soal cerita pada materi SPLDV.Identifikasiinidilaksanakanberdasarkanpemecahanmasalahpolya, yang meliputilangkahpemahamanmasalah, perncanaanpenyelesaian, pelaksanaanrencanapenyelesaiansertapengecekankembali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukanmenggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 8 dari 36 siswa kelas VIII-A, masing-masing terdiri atas 2 siswa dari karater 1, karakter 2, karakter 3 dan karakter 4. Karakter 1 adalah siswa yang melakukan kesalahan pada setiap langkah penyelesaian, arakter 2 adalah siswa yang melakukan kesalahan pada langkah pemhaman, pelaksanaan, dan pengecekan kembali, karakter 3 adalah siswa yang melakukan kesalahan pada langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengecekan kembali, sedangkan karakter 4 adalah siswa yang melakukan kesalahan pada langkah pelaksanaan dan pengecekan kembali. Pengelompokan karakter didasarkan atas hasil tes siswa, kemudian dipilih 2 siswa yang mempunyai komunikasi secara baik pada masing-masing karakter. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal materi SPLDV.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 26.7% siswa termasuk dalam Karakter 1,karakter 1 disebabkan oleh tidak terbiasa dengan soal cerita pemecahan masalah, cenderung ingin menjawab secara singkat, kebiasaan lebih mementingkan jawaban akhir daripada proses pengerjaannya, lupa, lemah dalam penalaran bahasa serta kurang memahami materi prasyarat materi prasyarat. Karakter 2 sebesar 26.7% , karakter 2 disebabkan oleh tergesa-gesa dalam menyelesaikan masalah, kebiasaan subjek hanya mementingkan hasil akhir daripada prosesnya, tidak memahami materi prasyarat SPLDV serata tidak teliti dalam proses perhitungan. Karater 3 sebesar 30%, karater3 disebaban oleh tidak terbiasa menyelesaikan masalah dalam bentuk cerita serta kelemahan kemampuan penalaran bahasa. Karakter 4 sebesar 16.7%, karakter 4 disebabkan oleh tergesa-gesa dalam menyelesaikan masalah, tidak teliti dalam proses penyelesaian masalah, tidak menguasai prasyarat SPLDV operasi bilangan bulat dan aljabar. Kata Kunci: identifikasi kesalahan, pemecahan masalah polya, sistem persamaan linear dua variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 04:02
Last Modified: 30 Oct 2015 04:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item