Azizah, Channa Nur (2023) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN DAN TERJEMAH AL-QUR’AN (Studi Kasus di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf Download (376kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS JADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Azizah, Channa Nur. 2023. Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan dan Terjemah Al-Qur’an. Thesis. Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Nurul Iman, Lc., M.H.I. (2) Nur ‘Aini M.Pd.I Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi, Kemampuan Hafalan dan Terjemah Pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu hal yang penting pada rumpun pendidikan tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Sebab pada masa kanak-kanak peserta didik akan lebih mudah untuk mengingat, menghafal dan mencerna apa yang disampaikan oleh ustadz ataupun ustadzah. Adanya metode pembelajaran adalah untuk membantu menyalurkan materi kepada peserta didik agar lebih efektif dan efisien dan menyenangkan. Metode Ummi yang akhir-akhir ini sedang digalakkan penerapannya di lembaga pendidikan, dirasa mampu untuk mengcover permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan hafalan dan terjemah Al-Qur’an di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun, (2) untuk mengetahui hasil implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan hafalan dan terjemah Al-Qur’an di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan hafalan dan terjemah Al-Qur’an di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi metode Ummi di MI Kresna Mlilir Dolopo sudah mengikuti standar minimal yang dimiliki oleh sistem Ummi Foundation, serta telah menjalankan serangakaian proses diataranya tashih, tahsin, sertifikasi, coach, supervise, munaqasah, dan khataman, (2) Hasil implementasi metode Ummi di MI Kresna Mlilir Dolopo sudah bisa dikatakan berjalan dengan baik. Madrasah juga sudah menerapkan 10 pilar sistem berbasis mutu meskipun belum berjalan dengan sempurna, (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Ummi adalah berasal dari faktor internal yakni dari kemampuan peserta didik dan faktor eksternal yaitu dari lingkungan, sarana prasarana dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 10:16 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 10:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12250 |
Actions (login required)
View Item |