Atystrayana, Virtadhika AG (2015) ANALISIS PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA MELALUI PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENENTUAN STRATEGI DALAM PENINGKATAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT AMAL SEHAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Rumah Sakit merupakan unit usaha sektor publik yang padat modal, teknologi, dan juga tenaga kerja. Pengukuran kinerja merupakan suatu hal penting bagi sebuah unit bisnis. Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat mengambarkan kinerja perusahaan secara keseluruan. Dengan adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja Balanced Scorecard. yang menyangkut empat perspektif yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Rumah Sakit Amal Sehat jika diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard sebagai alat penentuan strategi dalam peningkatan kinerja. Penelitian ini difokuskan pada kinerja Rumah Sakit Amal Sehat tahun 2010 sampai dengan 2014. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dan data primer. Metode pengambilan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji validitas dan reliabilitas kuesioner kepuasan pasien. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Balanced Scorecard. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan, kinerja Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri dilihat dari 4 (empat) perspektif Balanced Scorecard adalah cukup baik pada taun 2010 karena mampu mencapai nilai 53, 85%. Dan pada tahun 2011 Rumah Sakit Amal Sehat mampu mencapai penilaan kinerja yang baik yaitu 69, 23%. Kinerja Rumah Sakit Amal Sehat mampu mencapai kinerja yang sangat baik yaitu pada tahun 2012 sampai 2014 yaitu sebesar 84, 61% pada tahun 2012 dan 2013 dan 86,67% pada tahun 2014. Hal ini menunjukkan bahwa Rumah Sakit Amal Sehatselalu meningkatkan kinerjanya sehingga mampu mewujudkan visi dan misi Rumah Sakit. Strategi Diferensiasi dan Strategi Fungsional tepat untuk diterapkan pada Rumah Sakit Amal Sehat sebagai alat peningkatan kinerja. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard , dan Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Editor FE |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 04:15 |
Last Modified: | 02 Nov 2015 04:15 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
View Item |