STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AL - ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI

IMAM SAFI'I, MUHAMMAD (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AL - ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Keputusan Unggah.pdf

Download (415kB)
[img] Text (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text (IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text (V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Syafi’i, Muhammad Imam. Strategi Pembelajaran Daring Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Ponorogo: Program Pascajarsana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023. Pembimbing 1 Dr. Sudarmadi, M.Ag dan Pembimbing 2 Dr. Rido Kurnianto, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengetahui strategi pembelajaran daring pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi pada masa pandemi covid 19. kedua, mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi pada masa pandemi covid 19. ketiga, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran daring pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi pada masa pandemi covid 19. Jenis penelitian adalah kualitatif menggunakan pendekatan pedagogis bertempat di SD Muhammadiyah 1 Ngawi dan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, kepala urusan kurikulum, guru, peserta didik, orang tua peserta didik dan staf di SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Sumber dan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, Instrumen peneliti adalah Peran kepala sekolah dalam menentukan strategi pembelajaran pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dilakukan guru pada masa pandemi covid-19, Strategi yang digunakan dan diterapkan guru pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pembelajaran pada pandemi covid-19, Faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-19. Analisa data dalam penelitian kualitatif secara umum dimulai sejak pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan pertama, strategi pembelajaran yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi adalah Strategi ekspositori, strategi inkuiri, strategi kontekstual, dan strategi kooperatif dan model pembelajaran yang digunakan model Self Organized Learning Environments (sole) dan Project Based Learning. kedua, Implementasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan secara daring di SD Muhammadiyah 1 Ngawi menggunakan aplikasi zoom, google meet, classroom, dan whatsApp dengan metode ceramah dan demonstrasi. ketiga, Faktor pendukungnya adalah manajemen sekolah yang tergolong baik dan SDM yang memadai, adapun faktor eksternal yaitu dukungan yang cukup dari orang tua peserta didik dan Faktor penghambat pembelajaran adalah sarana dan prasarana, selain itu paket data dan jaringan, dan geografis peserta didik. Saran Sekolah hendaknya memfasilitasi sarana pembelajaran dengan mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi bagi para guru dan siswa, Guru harus berkreasi dan bervariasi dalam menentukan model pembelajaran, Setiap siswa meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran daring, Bagi orang tua hendaknya mengawasi kegiatan anak dalam pembelajaran daring dan memberikan motivasi kepada anak.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:21
Last Modified: 06 Sep 2023 08:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12405

Actions (login required)

View Item View Item