PERAN PENDIDIKAN ENTREPRENEUR DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA STUDI KASUS DI MI TAHFIZH ENTREPRENEUR QURROTA A’YUN PONOROGO

JULIA, DELLA MESRA (2023) PERAN PENDIDIKAN ENTREPRENEUR DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA STUDI KASUS DI MI TAHFIZH ENTREPRENEUR QURROTA A’YUN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN KARYA ILMIAH)
PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (173kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (882kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI Della Mesra Julia 2023 - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Julia, Della Mesra 2023. Peran Pendidikan Entrepreneur dalam Membangun Kreativitas dan Kemandirian Siswa Studi Kasus Di MI Tahfizh Entrepreneur Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Program Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Ridho Kurnianto, M.Ag (II) Dr. Aldo Redho Syam, M.Pd.I. Degradasi keterampilan pada tingkat sekolah dasar sangat berpengaruh pada perkembangan kreativitas dan kemandirian siswa. Faktanya indikator keberhasilan peradaban dapat dikatakan maju jika pendidikannya maju pula. Secara umum sekolah hanya menuntut siswa untuk bisa dalam pembelajaran akademis saja sehingga kurang fokus pada pengembangan Life skill yang dia miliki. Problematika ini dapat di atasi dengan pembekalan pendidikan yang dapat mengasah keterampilan siswa khususnya pada bidang ekonomi yang dimulai dari tingkat usia sekolah dasar, sehingga menciptakan generasi yang tidak hanya siap dalam bekerja namun juga siap menciptakan lapangan pekerjaan. Dilihat dari lokasi penelitian, metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi serta teknik analisa kualitatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan proses penerapan pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa, 2) Mendeskripsikan peran pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua. Selanjutnya data dikumpulkan, dirangkum, disusun, disimplkan, dan dianalisis dengan uji triangulasi. Hasil penelitian yang peneliti dpatkan sebagai berikut : 1. Proses penerapan pendidikan entrepreneur yang berbentuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan praktik dilapangan (market day , business day dan magang), langkah-langkah pelaksanaan program pendidikan entrepreneur dan peran pendidikan entrepreneur bagi siswa sekolah dasar. 2. Peran pendidikan entrepreneur yag dapat membangun kreativitas dan kemandirian siswa sehingga dapat melahirkan generasi-generai produktif yang dapat menjawab persoalan perkembangan zaman. 3. Faktor pendukung dan penghambat diterapkannya pedidikan entreprenur sebagai bahan evaluasi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: pendidikan entrepreneur, kreativitas, kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:11
Last Modified: 08 Sep 2023 08:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item