Anita, Elmi (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN STEAM MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART DI PAUD TUNAS PERTIWI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT UNGGAH KARYA.pdf Download (93kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (534kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
1. SKRIPSI_ELMI ANITA _21340245.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Elmi Anita Widiati. Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis anak melalui pembelajaran steam menggunakan media loose part di Paud Tunas Pertiwi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Paud, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dian Kristiana, M.Pd., Pembimbing 2 Muhammad Azzam Muttaqin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak di PAUD Tunas Pertiwi, (2) Mengetahui hasil penerapan pembelajaran berbasis steam dengan media looseparts terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis anak usia dini di PAUD Tunas Pertiwi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subject penelitian adalah guru dan peserta didik usia 4-5 tahun kelompok A Paud Tunas Pertiwi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan non tes serta dokumentsi. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes lisan dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran menggunakan analisis keterlaksanaan pembelajaran steam, sedangkan untuk melihat kemampuan berpikir kritis anak menggunakan analisis kemampuan berpikir kritis dengan presentase ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis anak melalui pembelajaran steam menggunakan media loosepart di PAUD Tunas Pertiwi meningkat dengan ketuntasan klasikal mencapai 93% ≥ 80% dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Adapun Hasil penerapan pembelajaran tersebut dapat melibatkan anak secara aktif dalam pembelajaran, melatih anak untuk membentuk pengetahuannya sendiri serta pemecahan masalah, memberi kesempatan anak untuk berinovasi menghasilkan karya, dan melatih anak menyampaikan ide sederhana. Kata Kunci: Pembelajaran steam, media loosepart, kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pembelajaran steam, media loosepart, kemampuan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 04:59 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 04:59 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12498 |
Actions (login required)
View Item |