PENGGUNAAN BAMZLE (BAMBOE PUZZLE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK A DI TK AL-IHLAS PASURUAN

Wati, Erna (2023) PENGGUNAAN BAMZLE (BAMBOE PUZZLE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK A DI TK AL-IHLAS PASURUAN. Jurnal INDRIA jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 9, (1). pp. 100-115. ISSN ISSN 2528-004X

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (156kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ARTIKEL ASLI)
3. ARTIKEL ASLI.pdf

Download (534kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LOA)
5. LOA.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok A di TK AL-Ihlas Pasuruan dengan menggunakan alat permainan edukatif Bamzle (Bamboe puzzle).Bamzle merupakan salah satu alat permainan edukatif yang dibuat oleh peneliti, terbuat dari bambu yang banyak tersedia di lingkungan sekolah TK Al-Ihlas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ((Clasroom Action Research) dengan model desain Kemis dan Mc. Taggart dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek Penelitian adalah anak kelompok A TK Al-Ihlas Desa Capang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan.Teknik Pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal geometri meningkat dari kegiatan observasi awal sebesar 27 % kemudian pada siklus I mencapai 41,67 % dan pada siklus II mencapai 79, 67 %. Penggunaan bamzle oleh guru dan siswa sangat efektif ditunjukkan dari hasil observasi penggunaan bamzle oleh siswa mencapai 89 % dan oleh guru mencapai 92,7 %. Hal ini membuktikan bahwa bamzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok A di TK Al-Ihlas Pasuruan. This study aims to improve the ability to recognize geometric shapes in group A at TK AL-Ihlas Pasuruan by using the educational game tool Bamzle (Bamboe puzzle). Bamzle is one of the educational game tools made by researchers, made of bamboo which is widely available in the school environment Al-Ihlas Kindergarten. This research is a Classroom Action Research with the Kemis and Mc. Taggart design model with the stages of planning, implementing, observing and reflecting. This research was carried out in 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The research subjects were children of group A Al-Ihlas Kindergarten Capang Village, Purwodadi District, Pasuruan Regency.Data collection techniques with observation and documentation.The results showed that the ability to recognize geometry increased from the initial observation activities by 27% then in the first cycle it reached 41.67% and in the second cycle it reached 79, 67 %. The use of bamzle by teachers and students is very effective as shown from the results of observations of the use of bamzle by students reaching 89% and by teachers reaching 92.7%. This proves that bamzle can improve the ability to recognize geometric shapes group A in TK Al-Ihlas Pasuruan . Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bamzle, Bentuk Geometri, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:41
Last Modified: 15 Sep 2023 02:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item