Integrasi Kurikulum Pesantren dan Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Modern Islami (Studi Kasus di Pondok Pesantren Zumrotus Salamah Tulungagung)

Zakariya, Ahmad Masruhan (2023) Integrasi Kurikulum Pesantren dan Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Modern Islami (Studi Kasus di Pondok Pesantren Zumrotus Salamah Tulungagung). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Pernytaan Unggah Tesis_page-0001.pdf

Download (110kB)
[img] Text (Halaman Depan)
0. Bagian Depan.pdf

Download (870kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text (Lampiran-Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Masruhan Zakaria Pasca ujian tesis FULL - watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Masruhan Zakariya. 20160199. Integrasi Kurikulum Pesantren dan Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Modern Islami (Studi Kasus di Pondok Pesantren Zumrotus Salamah Tulungagung). Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. Afiful Ikhwan, M. Pd.I. (2) Dr. Bambang Harmanto, M.Pd. Kata Kunci: Integrasi kurikulum, pesantren, pembentukan karakter, modern Islami. Pendidikan Indonesia menghadapi empat kendala globalisasi dalam ranah budaya, moral, dan etika yang ditopang oleh kemajuan 3T yaitu telekomunikasi, transportasi, dan teknologi, alternatifnya dengan membuat sekolah terpadu yang menghasilkan penggabungan sekolah formal dan sekolah asrama Islam yang menitikberatkan pada ciri-ciri akademik, agama dan karakter yang kuat dengan penguatan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, strategi dan implikasi dari integrasi kurikulum pesantren dan sekolah umum dalam pembentukan karakter modern Islami di Pondok Pesantren Zumrotus Salamah Tawangsari, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, sampel responden 5 guru, sampel responden 3 Murid (santri), observasi partisipan saat proses pembelajaran berlangsung dan dokumentasi susunan kurikulum Pesantren Zumrotus Salamah. Teknik analisis data: penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan melalui pengamatan tekun dan uji triangulasi. Hasil Penelitian: (1) Konsep integrasi kurikulum pesantren dan sekolah umum dalam pembentukan karakter modern Islami dengan cara mengkorelasikan kurikulum inti (pemerintah) dengan kurikulum pesantren yang rujukan utamanya dari kitab aqidatul awwam dan pelibatan para pakar pendidikan dan budayawan senior; (2) Strategi integrasi dengan cara menanamkan tafaqquh fid dien (taqwa yang tidak kehilangan identitas budaya), evaluasi berkala sesuai kebutuhan stakeholder, mengintegrasikan kurikulum yang berkarakter modern Islami terutama di extrakurikuler; (3) Implikasi dari integrasi terjadi hubungan diametral antara akhlak dan budaya, yang mempengaruhi gaya bicara dan tata krama santri, pakaian formal sekolah menggunakan pakaian adat jawa, kegiatan extrakurikuler dengan permainan jawa kuno seperti enggrang, dakonan, coblak-coblak suweng, dll yang menanamkan nilai toleransi, kebersamaan, menumbuhkan rasa saling percaya (kejujuran), keadilan serta kesabaran sesuai QS. Al-Maidah:8.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Integrasi kurikulum, pesantren, pembentukan karakter, modern Islami
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:23
Last Modified: 12 Sep 2023 08:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12623

Actions (login required)

View Item View Item