MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI SANGGAR BIMBINGAN SMP AN-NAHDLOH MALAYSIA

FIRDAUS, Sunarto, Cahyono and ASMAROINI (2023) MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI SANGGAR BIMBINGAN SMP AN-NAHDLOH MALAYSIA. MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI SANGGAR BIMBINGAN SMP AN-NAHDLOH MALAYSIA. (Submitted)

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN RIZKI.pdf

Download (637kB)
[img] Text (TEXT ISI)
ISI ARTIKEL.pdf

Download (513kB)
[img] Text (TEXT FUUL)
FUUL TEXT.pdf

Download (1MB)
[img] Text (TEXT REFERENSI)
REFERENSI.pdf

Download (373kB)
[img] Text (TEXT)
LOA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (TEXT)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH RIZKI.pdf

Download (238kB)
[img] Text (TEXT)
LEMBAR PERSETUJUAN PENGANTI TUGAS AKHIR MAHASISWA.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian bertujuan 1. Untuk mengenalkan model pendidikan multikultural kepada siswa, melalui media pembelajaran hierarkis piramida pancasila. 2. Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan Di Sanggar Bimbingan An Nahdloh Malaysia yang memiliki nilai-nilai toleransi. 3. Untuk Meningkatkan Toleransi antar siswa di Sanggar Bimbingan An Nahdloh Malaysia. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil pengamatan di lapangan melalui observasi di Sanggar Bimbingan SMP An Nahdloh, sebagian besar siswa tidak memiliki dokumen kewarganegaraan secara resmi atau ilegal. Mereka tidak memiliki dokumen kewarganegaraan secara resmi karena mengikuti orang tuanya yang berasal dari indonesia dan bekerja di malaysia sebagai pekerja migran Indonesia, Dan juga masih dijumpai siswa yang melakukan diskriminasi dengan saling ejek temanya selain itu juga dijumpai ada siswa yang dikucilkan temanya, Kegiatan yang dilakukan guru adalah dengan memberikan materi tentang tawasuh (moderat), tawazun (berdiri), i'tidal (adil) dan tasamuh (toleran). kemudian kegiatan siswa dalam menjaga kerukunan yaitu dengan melakukan kegiatan sehari-hari di pondok seperti makan bersama, bermain futsal, shalat berjamaah, bersih-bersih pondok. Dari kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan juga peneliti, dapat disimpulkan bahwa semunya memiliki nilai-nilai yang membangun sikap toleransi dan juga menambah wawasan terkait multikultural, dan diharapkan bisa menumbuhkan sikap toleransi dan juga semakin mempererat silaturahmi antar siswa dalam menghadapi perbedaan kultur siswa di sanggar bimbingan An – Nahdloh Malaysia

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan 1; Multikultural 2; Toleransi 3
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:24
Last Modified: 13 Sep 2023 08:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12685

Actions (login required)

View Item View Item