Iyos, Rosidah (2023) TAHSINUL QIRA’AH BERBASIS METODE TILAWATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SD AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Karya Ilmiah.pdf Download (191kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Metode Tilawati merupakan metode yang di gunakan untuk mempermudah mempelajari cara baca Al-Qur’an bagi anak karena pembelajarannya dilakukan secara praktis menggunakan lagu rost serta diajarkan secara klasikal menggunakan peraga dan secara individual dengan teknik baca simak menggunakan buku. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan 1) Untuk mengetahui penggunaan metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong 2) Untuk mengetahui efektivitas metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong. Metode Penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, dilaksanakan di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong, sejak bulan September 2022-April 2023, sumber data primernya guru Tahsin dan Tahfidz SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur, data divalidasi dengan trianggulasi sumber, dan di analisis dengan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan penggunaan metode Tilawati terdapat dasar dan tujuan yaitu mempermudah peserta didik untuk melakukan peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an, kegiatan pembelajaran Tahsin dilakukan sesuai jilid berdasarkan kemampuan peserta didik, pada kegiatan Tahfidz dilakukan sesuai tingkatan kelas dengan target capaian kelas masing-masing, serta dilakukan evaluasi pada pembelajaran Tahsin yang dilaksanakan pada setiap semester dan Munaqosyah di akhir tahun pembelajaran dengan penguji dari Tilawati Center dan evaluasi pada pembelajaran Tahfidz pula dilaksanakan setiap semester serta dilakukan Tasmi bagi peserta didik yang sudah hafal 1 juz. Penggunaan metode tilawati merupakan metode yang efektif di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong karena memiliki prinsip yang sangat mendukung untuk mencapai tujuan yang akan diicapai bahwa peserta didik dapat membaca dan menghafal Al-Qur'an dengan benar dan lancar.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tilawati, Tahsinul Qira’ah, Membaca dan Menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 09:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 09:02 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12698 |
Actions (login required)
View Item |