PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACHIEVEMENT GROUPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI RUMAH SYAAMIL QUR’AN PONOROGO

Lamatenggo, Angelina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACHIEVEMENT GROUPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI RUMAH SYAAMIL QUR’AN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggah karya ilmiah Angel.pdf

Download (107kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (526kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi Angelina 19112233.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Angelina Lamatenggo,2023. Pengaruh Model Pembelajaran Achievement Grouping Terhadap Hasil Belajar Baca Al-Qur’an Peserta didik di Rumah Syaamil Qur’an Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Pembimbing (I) Dr. Syarifan Nurjan, MA., dan Pembimbing (II) Dr. Muh Tajab, MA. Kata Kunci: Achievement Grouping, Pembelajaran Baca Al-Qur’an, peserta didik. Mempelajari cara membaca Al-Qur'an adalah proses yang penting dalam mencapai pengetahuan dengan mengucapkan dan menulis ayat-ayat Al-Qur'an. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, seperti model pembelajaran Achievement grouping atau pembelajaran perkelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh model pembelajaran Achievement Grouping terhadap hasil belajar belajar membaca Al-Qur'an pada peserta didik di Rumah Syaamil Qur'an Ponorogo. Model pembelajaran Achievement Grouping merupakan pendekatan yang memisahkan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan tingkat kemampuan dan pencapaian mereka, dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama, motivasi, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan eksperimental kuantitatif dengan desain pre-test post-test kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Achievement Grouping dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta ddik di Rumah Syaamil Qur'an Ponorogo yang sedang belajar membaca Al-Qur'an. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, seperti uji-t. Teknik ini digunakan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan antara hasil belajar membaca Al-Qur'an sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Achievement Grouping.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar membaca Al-Qur'an setelah penerapan model pembelajaran Achievement Grouping, yaitu kelas eksperimen mencapai peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Achievement Grouping. Pada hasil pre-test, nilai rata-rata peserta didik di kelas eksperimen mencapai 72,16667, sedangkan di kelas kontrol mencapai 58,27778. dan pada hasil post-test, nilai rata-rata peserta didik di kelas eksperimen mencapai 93,05 dan di kelas kontrol mencapai 88,05556.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Achievement Grouping, Pembelajaran Baca Al-Qur’an, peserta didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:55
Last Modified: 14 Sep 2023 03:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item View Item