IMPLEMENTASI MODEL INDIVIDUAL LEARNING PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)DALAM LINGKUP SEKOLAH INKLUSI DI MI TERADU AL MADINAH PONOROGO

ASTI, NABILLA MUSTIKA (2023) IMPLEMENTASI MODEL INDIVIDUAL LEARNING PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)DALAM LINGKUP SEKOLAH INKLUSI DI MI TERADU AL MADINAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
surat persetujuan unggah nabilla.pdf

Download (104kB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti bab 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti daftar pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lampiran skripsi nabilla .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
skripsi nabilla mustika asti full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Asti, Nabilla Mustika, 2023 Implementasi Model Individual Learning Pada Anak berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Lingkup Sekolah Inklusi di MI Terpadu Al Madinah Ponorogo, Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (1) Dr. AyokAriyanto, M.Pd.I, Pembimbing (2) Lilis Sumaryanti, M.Pd Kata Kunci : Model Individual Learning, Anak berkebutuhan khusus (ABK), Lingkup sekolah inklusi Problem yang sering dihadapi anak dengan berkebutuhan khusus yang telah duduk dibangku sekolah adalah anak yang sering ketinggalan atau mengalami kesulitan untuk mengerjakan tugas tugas yang diberikan oleh gurunya. Anak menolak untuk belajar menulis karena merasa sulit untuk membentuk huruf atau kesulitan menulis secara otomatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, penerapan dan hasil model Individual Learning pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Lingkup Sekolah Inklusi di MI Terpadu Al Madinah Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalis menggunakan teknik deskriptif dengan alur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti dalam melakukan penelitian tentang Implementasi model Individual Learning pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam lingkup sekolah inklusi di MI Terpadu Al Madinah Ponorogo melalui tiga tahap yaitu perencanaan, penerapan dan hasil. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a. Tahap pertama yaitu perencanaan model pembelajaran Individual Learning pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam lingkup sekolah inklusi memiliki dampak positif yang signifikan seperti mempermudah guru dalam menyesuaikan pendekatan pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus b. Tahap kedua yaitu pelaksanaan model pembelajaran Individual Learning pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam lingkup sekolah inklusi memiliki pengaruh positif seperti memberikan kemudahan anak berkebutuhan khusus untuk mengatasi hambatan pembelajaran yang mungkin mereka alami sehingga mereka dapat mencapai kemajuan akademik yang lebih baik dan memaksimalkan potensi mereka.. c. Tahap ketiga yaitu hasil dari pelaksanaan model pembelajaran Individual Learning pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam lingkup sekolah inklusi berdampak meningkatnya kepercayaan diri anak, meningkatkan kemampuan akademik yang dapat diketahui hasilnya seperti Anak Berkebutuhan Khusus dapat mengikuti pembelajaran yang setara dengan anak normal lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Individual Learning, Anak berkebutuhan khusus (ABK), Lingkup sekolah inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:55
Last Modified: 15 Sep 2023 07:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item