Saikoni, Agus (2023) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN RANGKING 1 PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV MI SUBULUL HUDA SOOKO PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (215kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (960kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
FULL TEXT_PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN RANGKING 1 PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV MI SUBULUL HUDA SOOKO PONOROGO.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Saikoni, Agus. 2023. Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Permainan Rangking 1 pada Mata Pelajaran SKI Kelas IV MI Subulul Huda Sooko Ponorogo. Tesis, Progam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. Happy Susanto, M.A. (2) Dr. Nuraini, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Permainan Rangking 1, Motivasi Belajar Siswa, Pelajaran SKI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan rangking 1. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar melalui metode permainan rangking 1 yang diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk memberikan gambaran secara deskriptif tentang penerapan permainan rangking 1 dan peran guru dalam menumbuhkan motivasi melalui permainan rangking 1 di MI Subulul Huda Sooko Ponorogo. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Teknik analisis data adalah tri anggulasi data yaitu dengan memadukan data dari berbagai aspek untuk diambil kesimpulan dari hasil kajian sebuah permasalahan. Hasil penelitian : 1. Penerapan metode permainan rangking 1 adalah permainan dengan cara menjawab soal demi soal dan harus mempertahankan diri agar tidak gugur dengan cara tetap menjawab benar soal-soal yang ada sehingga mampu mengalahkan peserta lain dan menjadi pemenang permainan. Ketentuan dalam permainan ini : a. Soal berupa soal benar salah, pilihan ganda dan soal isian. b. Sistem gugur dengan 5 kali salah pada soal benar salah dan soal pilihan ganda. Sedangkan untuk soal isian 1 kali salah. 2. Peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar melalui permainan rangking 1 adalah peran ekstrinsik untuk memotivasi siswa tumbuh semangat dalam belajar melalui peran guru yaitu : a. Peran sebagai pengelola kelas yaitu mengatur pembelajaran dikelas dengan sebaik baiknya. b. Peran guru sebagai fasilitator dan mediator yaitu memberikan media dan fasilitas dalam permainan rangking 1. c. Peran guru sebagai evauator yaitu menjadikan permainan rangking 1 sebagai evaluasi pembelajaran untuk menetapkan langkah-langkah motivasi kepada siswa baik berupa pujian, hadiah, ataupun hukuman.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Permainan Rangking 1, Motivasi Belajar Siswa, Pelajaran SKI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 06:54 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 06:54 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12919 |
Actions (login required)
View Item |