Penggunaan Media Kartu Menjiplak (Tracing Card) Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Insan Madani Geger Madiun

Silaturohmi, Silaturohmi (2023) Penggunaan Media Kartu Menjiplak (Tracing Card) Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Insan Madani Geger Madiun. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
s. setuju unggah.pdf

Download (543kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (721kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Silaturohmi. Penggunaan Media Kartu Menjiplak (Tracing Card) Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Ida Yeni Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Nurtina Irsad Rusdiani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan penggunaan media Kartu Menjiplak (Tracing Card) dalam mengembangkan kemampuan menulis huruf anak usia dini di TKIT Insan Madani Geger Madiun, (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kendala dan tantangan penggunaan media Kartu Menjiplak (Tracing Card) dalam mengembangkan kemampuan menulis huruf anak usia dini di TKIT Insan Madani Geger Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sampel penelitian adalah anak-anak kelompok A dan guru kelas kelompok A di TKIT Insan Madani Geger Madiun. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dengan observasi untuk guru dan anak, dan lembar wawancara untuk Kepala sekolah, guru kelas kelompok A dan 6 anak yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Tehnik analisis data menggunakan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menulis huruf menggunakan media kartu menjiplak (Tracing Card) berdampak baik untuk menstimulasi kemampuan berbahasa terutama menulis huruf dan menambah kosakata pada anak usia dini. Kendala dan tantangan guru dalam menggunakan media kartu menjiplak adalah waktu yang terbatas pada tahap perencanaan dan pembuatan kartu menjiplak sehingga guru harus berusaha kreatif dan mampu memanfaatkan waktu secara efektif, media kartu menjiplak harus sering diperbarui agar anak tidak bosan, anak dengan tipe belajar kinestetik akan menghindari dan menolak kegiatan pembelajaran menulis huruf sehingga guru harus memiliki kemampuan memberikan pembelajaran kepada semua anak dengan berbagai gaya belajar, serta anak yang menjiplak sesukanya apabila tidak diperhatikan guru sehingga guru harus melakukan observasi dan evaluasi mulai awal hingga akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Anak Usia Dini, Kemampuan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:59
Last Modified: 12 Oct 2023 00:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item