TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MAKANAN DI RUMAH MAKAN DAPOER BOSDITO BUKIT KETEKAN PLALANGAN JENANGAN PONOROGO

Sugianto, Didik (2023) TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MAKANAN DI RUMAH MAKAN DAPOER BOSDITO BUKIT KETEKAN PLALANGAN JENANGAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
9. Skrip Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Jual Beli dan Ekonomi Syariah Islam sebagai agama mempunyai peran yang penting dalam kehidupan manusia karena Islam memperhatikan semua aspek kehidupan, baik yang bersifat individu maupun sosial. Islam diatur oleh hukum yang komprehensif dan realistis, termasuk dalam bidang keuangan dan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa praktik bisnis dan keuangan dilakukan sesuai dengan prinsip prinsip syariah, yang adil, transparan, dan beretika. Dalam praktik jual beli, konsep muamalah menjadi penting, yang menuntut penghormatan terhadap hak-hak semua pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis, baik pembeli, penjual, maupun pihak lainnya. Dalam hal ini, praktik jual beli harus memenuhi rukun dan syarat jual beli dan dilakukan dengan adil, tidak merugikan pihak lain, serta memperhatikan kesetaraan dan saling menguntungkan. Meskipun masih ada praktik jual beli yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan muamalah, namun penting untuk memastikan bahwa transaksi bisnis dilakukan dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah untuk mencapai tujuan yang adil, beretika, dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, pertama. Untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Syariah terhadap akad jual beli di rumah makan Dapoer Bos DITO di Bukit Ketekàn Plalangan Ponorogo. Kedua. Untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Syariah terhadap penetapan harga di rumah makan Dapoer Bos DITO di Bukit Ketekàn Plalangan Ponorogo. Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yg ada di rumah makan Dapoer Bos DITO di Bukit Ketekàn Plalangan Ponorogo. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait PRAKTIK jual beli di rumah makan Dapoer Bos DITO di Bukit Ketekàn Plalangan Ponorogo dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini, pertama. Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap akad jual beli di Rumah Makan Dapoer Bos DITO menunjukkan bahwa bisnis yang mengutamakan nilai-nilai keislaman seperti kejujuran dan transparansi. Penerapan nilai-nilai keislaman dalam bisnis Dapoer Bos DITO meningkatkan kepercayaan dan reputasi di mata pelanggan. Kedua. Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap penetapan harga di Rumah Makan Dapoer Bos DITO menunjukkan bahwa perusahaan mempertimbangkan biaya produksi, harga kompetitor, dan keuntungan dalam menentukan harga makanan yang dijual. Dapoer Bos DITO yakin bahwa dengan perhitungan yang cermat, mereka dapat menawarkan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif. Bisnis Dapoer Bos DITO ini sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual Beli dan Ekonomi Syariah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:17
Last Modified: 16 Oct 2023 02:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item View Item