KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Rahmah, Nuzul Miftah (2023) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
CamScanner 18-12-2023 19.35.pdf

Download (325kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (593kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
Skripsi Full Draf Miftah Nuzul Rahmah WM.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Full Text Miftah Nuzul Rahmah WM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan suatu bangsa dalam memperoleh tujuan tidak hanya ditentukan oleh melimpahnya ruahnya sumber daya alam, tetapi sangat di tentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Untuk meningkatkan kualitas manusianya, maka Pendidikan merupakan salah satu media yang sangat efektif dalam membangun kecerdasan sekaligus kepribadian anak manusia menjadi lebih baik. Oleh karena itu Pendidikan secara terus menerus dibangun dan di kembangkan agar menghasilkan generasi yang di harapkan. Pendidikan karakter adalah suatu upaya yang dilakukan dalam mendidik dan membimbing seseorang untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan yang kemudian nilai-nilai kebaikan tersebut dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menggunakan metode Library Research atau menggunakan riset kepustakaan. Artinya penelitian yang mengupayakan penelusuran literatur yang ada dan menelaahnya secara teliti untuk memperoleh sumber-sumber yang berkenaan dengan obyek kajian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles Huberman dan Saldava yaitu menganalisis data dengan tiga langkah yaitu, kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Sedangkan Teknik keabsahaan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa ada 20 karakter yang harus di ajarkan untuk anak usia dini. Metode yang di gunakan untuk megenalkan Pendidikan karakter anak usia dini dengan metode komunikasi yang baik, menunjukkan keteladanan, mendidik anak dengan pembiasaa dan mengambil hikmat dari sebuat cerita. Aspek utama yang perlu di ajarkan dalam perspektif islam meliputi ketauhitan, mendirikan sholat, mengajarkan dan membiasakan membcara AlQur’an, menghormati dan menyayanggi orang tua serta pengajaran etika umum.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:39
Last Modified: 27 Dec 2023 02:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item View Item