HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG (2015) HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan bagi anak untuk memperoleh stimulasi psikososial. Stimulasi psikososial berpengaruh terhadap perkembangan anak. Peran orang tua adalah memberi stimulasi dengan mengajarkan cara beradaptasi dengan lingkungan. Aspek sosialisasi dan kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak berpisah dengan ibu/pengasuh, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Untuk mengetahui hubungan antara stimulasi psikososial dengan perkembangan sosial dan kemandirian anak usia prasekolah 4-6 tahun. Desain Penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional design. Populasinya seluruh anak TK, TK PKK sebanyak 21 dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo sebanyak 22 responden. Total sampelnya sebanyak 43 responden dengan cara Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan checklist pada stimulasi psikososial dan lembar Denver II pada perkembangan sosial dan kemandirian. Pengolahan data dengan editing, coding, scoring. Teknik Analisa data dengan menggunakan univariat bivariat. Hasil dari 43 respoden yang mendapatkan stimulasi psikososial menunjukkan 25 (58,1%) perkembangannya baik, responden yang tidak mendapatkan stimulasi psikososial hampir setengahnya atau 18 (41,9%) perkembangannya tidak baik. Perkembangan sosial dan kemandirian didapatkan hasil perkembangan normal 27 (62,8%), suspek 11 (25,6%), tidak dapat diuji 5 (11,6%). Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan menindaklanjuti tentang pengaruh stimulasi psikososial dengan perkembangan sosial dan kemandirian anak usia pra sekolah 4-6. Kata Kunci : Stimulasi, Perkembangan Sosial dan Kemandirian, Anak Usia Prasekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RG Midwifery
Divisions: Faculty of Health Sciences > Department of Midwifery
Depositing User: Editor FIK
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:28
Last Modified: 13 Nov 2015 01:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item View Item