HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo
ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG (2015) HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (166kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan bagi anak untuk
memperoleh stimulasi psikososial. Stimulasi psikososial berpengaruh terhadap
perkembangan anak. Peran orang tua adalah memberi stimulasi dengan
mengajarkan cara beradaptasi dengan lingkungan. Aspek sosialisasi dan
kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak
berpisah dengan ibu/pengasuh, bersosialisasi dan berinteraksi dengan
lingkungannya. Untuk mengetahui hubungan antara stimulasi psikososial dengan
perkembangan sosial dan kemandirian anak usia prasekolah 4-6 tahun.
Desain Penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional design.
Populasinya seluruh anak TK, TK PKK sebanyak 21 dan TK PGRI Desa Kedung
Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo sebanyak 22 responden. Total
sampelnya sebanyak 43 responden dengan cara Total Sampling. Pengumpulan
data menggunakan checklist pada stimulasi psikososial dan lembar Denver II pada
perkembangan sosial dan kemandirian. Pengolahan data dengan editing, coding,
scoring. Teknik Analisa data dengan menggunakan univariat bivariat.
Hasil dari 43 respoden yang mendapatkan stimulasi psikososial
menunjukkan 25 (58,1%) perkembangannya baik, responden yang tidak
mendapatkan stimulasi psikososial hampir setengahnya atau 18 (41,9%)
perkembangannya tidak baik. Perkembangan sosial dan kemandirian didapatkan
hasil perkembangan normal 27 (62,8%), suspek 11 (25,6%), tidak dapat diuji 5
(11,6%).
Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan
menindaklanjuti tentang pengaruh stimulasi psikososial dengan perkembangan
sosial dan kemandirian anak usia pra sekolah 4-6.
Kata Kunci : Stimulasi, Perkembangan Sosial dan Kemandirian, Anak Usia
Prasekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Midwifery |
Divisions: | Faculty of Health Sciences > Department of Midwifery |
Depositing User: | Editor FIK |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 01:28 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 01:28 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |