Hubungan Ketaatan Beribadah (Sholat) dengan Kesehatan Mental Mahasiswa S1 Keperawatan saat Skripsi di Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Hidayatulloh, Figa Danang, Andarmoyo, Sulistyo and Susanti, Sri (2024) Hubungan Ketaatan Beribadah (Sholat) dengan Kesehatan Mental Mahasiswa S1 Keperawatan saat Skripsi di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Image (PERNYATAAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT KETERANGAN UNGGAH KARYA ILMIAH FIGA DANANG.jpg

Download (412kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (997kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (FULL DRAFT SKRIPSI)
FULL DRAFT SKRIPSI FIGA DANANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyusunan skripsi memerlukan berbagai upaya yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mahasiswa sehingga berdampak pada kondisi stress, cemas, hingga depresi. Strategi manajemen stres atau mengelola stres salah satunya adalah dengan meditasi, yaitu dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan beribadah sholat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat ketaatan beribadah (sholat) dengan kesehatan mental mahasiswa S1 keperawatan saat skripsi di Universitas Muhamamadiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian yaitu mahasiswa S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan sampel sejumlah 66 mahasiswa (Total Sampling). Instrumen penelitian yang digunakan kuesioner (ketaatan beribadah sholat dan kesehatan mental) dengan analisis data yaitu chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat ketaatan beribadah mahasiswa S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo ketika skripsi, sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat ketaatan beribadah (sholat) yang baik dengan prevalensi sejumlah 46 mahasiswa (69,7%), pada kesehatan mental sebagian besar kesehatan mental responden termasuk dalam kategori psychological well-being dengan prevalensi sejumlah 38 mahasiswa (57,6%). Berdasarkan uji chi-square diperoleh pvalue yaitu 0,000 < 0,05 maka H1 diterima maka artinya ada hubungan antara tingkat ketaatan beribadah (sholat) dengan kesehatan mental pada mahasiswa S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamamadiyah Ponorogo saat skripsi. Responden terutama mahasiswa tingkat akhir dengan setiap proses dan permasalahan masing-masing yang dialaminya tidak diperkenankan untuk meninggalkan kewajibannya sebagai seorang Muslim, terutama dalam menjalankan ibadah sholat yang merupakan rukun Islam bagi umat Islam. Ibadah sholat merupakan ibadah yang wajib untuk dilakukan setiap umat Islam, sehingga menjaga dan meningkatkan ketaatan dalam menjalankan ibadah (sholat) harus dilakukan setiap individu.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketaatan Beribadah, Kesehatan Mental, Mahasiswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:48
Last Modified: 14 Mar 2024 02:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item