PERBEDAAN TINGKAT KEPATUHAN CUCI TANGAN 6 LANGKAH SETELAH DIBERIKAN EDUKASI DENGAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO PADA ANAK SEKOLAH KELAS VIII DI SMP N 1 LEMBEYAN

Mustofa, Imron (2024) PERBEDAAN TINGKAT KEPATUHAN CUCI TANGAN 6 LANGKAH SETELAH DIBERIKAN EDUKASI DENGAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO PADA ANAK SEKOLAH KELAS VIII DI SMP N 1 LEMBEYAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (61kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Cover dan lampiran depan.pdf

Download (856kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (423kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak usia sekolah memiliki kesadaran yang kurang mengenai cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Hal ini berdampak pada tingginya angka kejadian infeksi pada anak di Indonesia. Pendidikan kesehatan pada siswa sekolah diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka sehingga siswa dapat menerapkan perilaku cuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Tingkat Kepatuhan Cuci Tangan 6 Langkah Setelah Diberikan Edukasi Dengan Media Leaflet Dan Video Pada Anak Sekolah Kelas VII Di SMP N 1 Lembeyan. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan metode two group posttest-only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Lembeyan yang berjumlah 123 orang, dengan teknik simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 94 orang. Variabel penelitian ini adalah Health Education CTPS Dengan Media Leaflet & Video dan Kepatuhan Cuci Tangan 6 Langkah. Instrumen penelitian ini adalah Lembar Observasi. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan health education CTPS dengan media leaflet, sebagian besar responden memiliki kepatuhan cuci tangan 6 langkah dalam kategori patuh yaitu sebanyak 31 orang (66%). Sedangkan responden dengan media video, hampir seluruhnya memiliki kepatuhan cuci tangan 6 langkah dalam kategori patuh yaitu sebanyak 41 orang (87,2%). Hasil analisis data didapatkan nilai p = 0,015, yang berarti ada Perbedaan Tingkat Kepatuhan Cuci Tangan 6 Langkah Setelah Diberikan Edukasi Dengan Media Leaflet Dan Video Pada Anak Sekolah Kelas VII Di SMP N 1 Lembeyan. Kesimpulannya adalah health education dengan media video lebih efektif mempengaruhi kepatuhan cuci tangan 6 langkah daripada media leaflet. Saran dari penelitian ini adalah pihak sekolah dapat membuat kebijakan terkait penggunaan video untuk meningkatkan capaian perilaku cuci tangan selama di sekolah. Kata Kunci: Health Education, CPTS, Leaflet, Video, Kepatuhan Cuci Tangan, Anak Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: edukasi cuci tangan dengan video dan leaflet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:58
Last Modified: 18 Mar 2024 04:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item