Purnama, Lyla Erinta (2024) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN, MEMORI KERJA DAN PRESTASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SDIT AL-MAWADDAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Pernyataan Unggah Karya Ilmiyah.pdf Download (248kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN....pdf Download (611kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV..pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Abstrak LYLA ERINTA PURNAMA: Hubungan Antara Kecemasan, Memori Kerja dan Prestasi Belajar Matematika Pada siswa Kelas 5 SD. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2024. Kecemasan matematika ialah berbagai kemampuan kognitif yang diimplementasikan oleh jaringan saraf yang luas di otak dan mempengaruhi melalui aspek emosional seperti kekhawatiran, rasa benci, gugup, khawatir, depresi, dan ketakutan yang dialami saat melakukan tugas matematika. Di mana siswa dengan kemampuan memori kerja yang terbatas mungkin mengalami kesulitan untuk mengatur tingkat kecemasan mereka sehingga dapat mengurangi memori kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Apakah terdapat hubungan negatif antara kecemasan dan memori kerja pada siswa kelas 5 SDIT Al-Mawaddah (2) Untuk mengetahui Apakah terdapat hubungan positif antara memori kerja dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas 5 SDIT Al-Mawaddah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mencangkup seluruh siswa kelas 5 SDIT Al-Mawaddah yang terdiri dari 3 kelas. Dari tig akelas tersebut diambil, kelas 5A dan 5B terpilih secara acak sebagai sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan tes, angket digunakan untuk mengukur kecemasan siswa sedangkan tes digunakan untuk mengukur memori kerja dan prestasi belajar siswa. Hasil uji spearmen pada kecemasan dan memori kerja memberikan nila korelasi -0,617 dengan signifikansi 0,000 sementara uji spearman pada memori kerja dan prestasi belajar matematika diperoleh nilai korelasi 0,485 dengan signifikansi 0,002, menunjukkan bahwa ada hubungan negatif pada hubungan antara kecemasan dan memori kerja siswa serta ada hubungan positif antar memori kerja dan prestasi belajar matematika siswa. Semakin tinggi tingkat kecemasan siswa maka akan menurunkan memori kerja siswa, jika memori kerja siswa tinggi maka prestasi belajar siswa akan meningkat. Kata kunci: Kecemasan, Memori Kerja, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan, Memori Kerja, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:16 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13577 |
Actions (login required)
View Item |