ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENERAPAN PSAK 109 DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KANTOR LAYANAN RSU ‘AISYIYAH PONOROGO

Nadiansah, Amelia Risxi (2024) ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENERAPAN PSAK 109 DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KANTOR LAYANAN RSU ‘AISYIYAH PONOROGO. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat unggah karya ilmiah.pdf

Download (82kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN..pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem pengendalian internal dan penerapan PSAK 109 pada laporan keuangan zakat, infak/sedekah di Lazismu Kantor layanan RSU ‘Aisyiyah Ponorogo. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung kepada pihak Lazismu Kantor layanan RSU ‘Aisyiyah Ponorogo. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini yaitu pertama, sistem pengendalian internal dalam pengelolaan dana zakat Lazismu Kantor layanan RSU ‘Aisyiyah Ponorogo menggunakan lima kategori berikut: lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, pemrosesan informasi dan komunikasi dan aktivitas pengawasan atau pemantauan. Dimana masih ada beberapa hal yang kurang dalam penerapannya, seperti belum adanya penilaian risiko secara khusus. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan pengendalian internalnya seperti belum sepenuhnya kompetensi SDM yang tercukupi. kedua, Lazismu Kantor layanan RSU ‘Aisyiyah ponorogo menyusun laporan keuangan berpedoman dengan PSAK No.109 di antaranya laporan posisi keuangan,laporan perubahan dana,laporan perubahan aset kelolaan,laporan arus kas,dan catatan atas laporan keuangan.ketiga,kesesuaian laporan keuangan Lazismu Kantor layanan RSU ‘Aisyiyah Ponorogo dengan PSAK No. 109 dalam proses pengakuan,pengukuran, dan penyajian telah sesuai dengan psak No.109. Namun terdapat sedikit hal yang belum sesuai dengan pengakuan yang telah di buat oleh Lazis yaitu Lazismu Kantor layanan RSU ‘Aisyiyah Ponorogo hanya menerima aset non kas dalam bentuk beras zakat fitrah pada bulan ramadhan dan tidak menerima asset non kas dalam bentuk sebidang tanah atau sawah sehingga tidak mengakui adanya penerimaan aset non kas dan tidak mengungkapkan hubungan pihak pihak yang berelasi antara amil dan mustahik ZIS. Kata Kunci: Sistem Pengendalian Interenal dan PSAK No.109 Lazismu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Interenal dan PSAK No.109 Lazismu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:21
Last Modified: 19 Mar 2024 06:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13631

Actions (login required)

View Item View Item