Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Made Tahun Pelajaran 2023/2024

Fajarini, Dhevi (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Made Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (UNGGAH KARYA ILMIAH)
unggah karya devi.pdf

Download (83kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Skripsi halaman depan.pdf

Download (625kB)
[img] Text (Bab I)
bab (1).pdf

Download (178kB)
[img] Text (Bab II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text (Bab III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text (Bab IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text (Bab V)
bab 5-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (461kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Dheviana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DHEVIANA FAJARINI tahun 2024: Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Made Wonogiri Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 :Dr.Bambang Harmanto,S.Pd,M.Pd., Pembimbing 2 Nurtina Irsad Rusdiani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Made Wonogiri Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart(Suharsimi Arikunto, 2006: 93) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan berbahasa melalui bercerita dengan media boneka tangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi), dan dokumentasi (catatan-catatan selama proses kegiatan berlangsung, gambar atau foto, dan RKH). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila kemampuan berbahasa anak telah mencapai 83,3% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berbahasa anak melalui bercerita dengan media boneka tangan pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Made Wonogiri Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil observasi yang dilakukan pada saat sebelum tindakan mencapai 27,8%, Siklus I mencapai 38,9%, Siklus II mencapai 83,3%. Hal tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian sebesar 83,3%dengan kriteria sangat baik.Adapun faktor penghambatnya yaitu kondisi kelas yang gaduh dan panas, penerangan yang kurang tepat dan pemilihan cerita serta penyampaian cerita yang kurang menarik menyebabkan anak bosan dan malas mendengarkan sehingga proses pengembangan bahasa.Sedang faktor pendukungnya yaitu anak yang memiliki minat untuk mendengarkan apa yang dikisahkan oleh guru akan lebih mudah dalam menerima pesan-pesan moral sekaligus menerapkannya dan kosa kata anak secara langsung juga akan bertambah setelah mendengarkan cerita guru. Situasi dan kondisi kelas juga menjadi faktor pendukung dari penerapan metode bercerita dengan boneka tangan. Kata kunci: Kemampuan Berbahasa, media boneka tangan,bercerita Abstract Dheviana fajarini in 2024: efforts to improve children's language skills through storytelling using hand puppets in group b at dharma wanita made wonogiri kindergarten for the 2023/2024 academic year. Thesis. Early childhood education study program, muhammadiyah university of ponorogo. Supervisor 1: dr. Bambang harmanto, s.pd, m.pd., supervisor 2 nurtina irsad rusdiani, m.pd. This research aims to determine efforts to improve children's language skills through telling stories using hand puppets and to find out what are the inhibiting and supporting factors in improving children's language skills through telling stories using hand puppets in group b at dharma wanita kindergarten made wonogiri for the 2023/2024 academic year.this type of research is collaborative classroom action research using the kemmis and mc taggart model (suharsimi arikunto, 2006: 93) which is carried out in two cycles. The subjects of this research were 18 children consisting of 7 boys and 11 girls. The object of this research is language skills through telling stories using hand puppets. The data collection techniques used are observation (observation sheets), and documentation (notes during the activity process, drawings or photos, and rkh). Data analysis techniques were carried out descriptively qualitatively and quantitatively. The criteria for success in this research are if the child's language skills have reached 83.3% with very good criteria. The results of the research show an increase in children's language skills through telling stories using hand puppets for group b children at the dharma wanita made wonogiri kindergarten for the 2023/2024 academic year. The results of observations made before the action reached 27.8%, cycle i reached 38.9%, cycle ii reached 83.3%. This has achieved research success criteria of 83.3% with very good criteria. The inhibiting factors are noisy and hot classroom conditions, inappropriate lighting and story selection and story telling that are less interesting, causing children to get bored and lazy to listen so that the development process language. The supporting factor is that children who have an interest in listening to what the teacher tells them will find it easier to receive moral messages as well as apply them and children's vocabulary will also increase directly after listening to the teacher's stories. The situation and conditions of the class are also supporting factors for implementing the method of telling stories using hand puppets. Keywords: language skills, hand puppet media, storytelling

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:58
Last Modified: 22 Mar 2024 03:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13709

Actions (login required)

View Item View Item